Tautan-tautan Akses

Debu Vulkanik Islandia akibatkan Pembatalan Penerbangan di Eropa


Abu vulkanik yang disemburkan gunung Grimsvotn di Islandia mencapai ketinggian 9 kilometer (22/5).

Abu vulkanik yang disemburkan gunung Grimsvotn di Islandia mencapai ketinggian 9 kilometer (22/5).

Islandia mengatakan gunung Grimsvotn yang terletak di bawah sungai es terus menyemburkan asap ke udara mencapai 9 kilometer.

Letusan gunung Grimsvotn di Islandia menyebabkan beberapa maskapai penerbangan membatalkan penerbangan di beberapa bagian Eropa, di mana awan debu vulkanik dapat mempengaruhi pesawat-pesawat terbang.

Maskapai penerbangan Inggris (British Airways) mengatakan hari Senin pihaknya telah membatalkan semua penerbangan Selasa pagi antara London dan Skotlandia. Easyjet, maskapai penerbangan angkutan Belanda KLM dan beberapa maskapai penerbangan regional juga telah membatalkan penerbangan ke Skotlandia dan Inggris utara.

Badan Meteorologi Islandia mengatakan gunung tersebut, yang terletak di bawah sungai es terbesar pulau itu, terus menyemburkan asap ke udara mencapai sembilan kilometer. Beberapa pejabat mengatakan letusan itu sudah mereda sejak letusan itu mulai pertama kali hari Sabtu.

Para peramal cuaca tidak pasti mengenai arah jalan awan debu tersebut selagi awan abu tersebut bergerak melintasi benua Eropa, tetapi mereka memperkirakan awan abu itu akan menyentuh Skotlandia, Irlandia dan Inggris Selasa pagi.

Mereka mengatakan awan abu tersebut dapat bergerak mencapai sejauh Skandinavia, Perancis barat dan Spanyol dalam pekan ini.

XS
SM
MD
LG