Tautan-tautan Akses

Obama, Romney Debatkan Solusi bagi Ekonomi AS


Mitt Romney (kiri) mendengarkan jawaban Presiden Obama pada debat pertama di University of Denver (3/10).

Mitt Romney (kiri) mendengarkan jawaban Presiden Obama pada debat pertama di University of Denver (3/10).

Perekonomian dan jasa layanan kesehatan menjadi fokus utama debat pertama antara capres Partai Republik Mitt Romney dan Presiden Obama di Denver.

Presiden AS Barack Obama mengatakan bahwa Amerika menjadi yang terbaik ketika kelas menengah melakukan yang terbaik.

Obama membuka debat pertama dalam kampanye presiden 2012 melawan kandidat Partai Republik Mitt Romney dengan mengatakan bahwa perekonomian AS yang terpuruk yang ia warisi empat tahun lalu sedang menuju arah yang lebih baik. Namun ia mengatakan banyak hal yang harus dilakukan. Obama mengatakan bahwa investasi dalam pendidikan dan pelatihan dan kemudian pemotongan pajak adalah jalan terbaik untuk diambil.

Debat Rabu (3/10) malam, atau Kamis pagi Waktu Indonesia Barat, di Universitas Denver, negara bagian Colorado di barat AS, merupakan satu dari tiga debat yang dijadwalkan sebelum hari pemilihan umum. Debat pertama ini fokus pada ekonomi, layanan kesehatan dan peran pemerintah AS dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Saat ditanya mengenai penyediaan lapangan kerja, Romney yang mantan gubernur Massachusetts, mengatakan Amerika harus mengambil langkah yang berbeda dari sebelumnya. Ia mengatakan bahwa rencananya termasuk meningkatkan produksi energi, membuka lebih banyak perdagangan internasional, melakukan lebih banyak pelatihan kerja, menyeimbangkan anggaran dan mendukung pertumbuhan usaha kecil.

Presiden Obama mengatakan ia ingin menurunkan pajak perusahaan dan menutup celah-celah yang memberi insentif untuk memindahkan lapangan pekerjaan ke luar negeri. Ia mengatakan bahwa produksi energi di masa depan harus menyertakan teknologi seperti angin, tenaga matahari dan bahan bakar nabati (biofuel) -- namun investasi-investasi tersebut harus dibuat tanpa membebankan biaya pada kelas menengah di Amerika.

Romney mengatakan bahwa kelompok berpendapatan menengah di Amerika telah “terbenam” atau “terhantam” di bawah pajak yang tinggi. Ia mengatakan bahwa pajak harus diturunkan, baik untuk perusahaan maupun individual.

Presiden mengatakan bahwa “peran pertama” dari pemerintahan federal adalah untuk “membuat masyarakat aman.” Namun ia menambahkan bahwa pemerintah juga harus menciptakan kerangka kerja supaya warga AS dapat mencapai sukses. Sebagai contoh, ia mengatakan bahwa pemerintah di masa lalu telah membantu membangun rel kereta api, lembaga riset dan lembaga-lembaga pendidikan.

Romney mengatakan bahwa peran pemerintah adalah untuk mendorong dan melindungi prinsip-prinsip Konstitusi dan Deklarasi Kemerdekaan. Ia mengatakan bahwa hal itu berarti mempertahankan kekuatan militer, komitmen pada toleransi beragama, perawatan kaum manula dan difabel, serta menjaga kebebasan individu untuk mencapai mimpinya.

Presiden mengatakan dalam pernyataan penutupnya bahwa ia ingin membangun dengan kekuatan dari periode empat tahun pertamanya di Gedung Putih. Ia mengatakan bahwa ia akan berjuang sama kerasnya dalam periode kedua seperti pada periode pertama.

Romney menutup dengan menyatakan bahwa empat tahun lagi untuk Barack Obama akan berarti kesulitan yang lebih besar untuk kelas menengah. Ia berjanji akan menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru, menggantikan program reformasi layanan kesehatan presiden yang disebut Obamacare, dan ia bersumpah tidak akan memotong anggaran militer.

Kedua kandidat akan bertemu lagi pada 16 Oktober dalam debat gaya balai kota, dimana yang hadir dapat memberikan pertanyaan.
XS
SM
MD
LG