Tautan-tautan Akses

AS

Debat Bakal Capres Partai Republik Serang Obama


Para kandidat Capres AS dari Partai Republik berpose bersama sebelum debat di North Charleston Coliseum, South Carolina, Kamis malam (14/1).

Para kandidat Capres AS dari Partai Republik berpose bersama sebelum debat di North Charleston Coliseum, South Carolina, Kamis malam (14/1).

Para bakal calon presiden partai Republik memulai perdebatan Kamis (14/1) dengan memusatkan serangan terhadap orang yang ingin mereka gantikan: Presiden AS Barack Obama.

Dengan tinggal kurang dari 3 pekan lagi dimulainya proses nominasi dalam pemilihan pendahuluan presiden, para pesaing utama dari Partai Republik berhadapan dalam perdebatan sengit dalam pemilihan pendahuluan awal yang berpengaruh di kota North Charleston, negara bagian South Carolina, Kamis (14/1).

Para bakal calon presiden memulai perdebatan dengan memusatkan serangan terhadap orang yang ingin mereka gantikan: Presiden Barack Obama.

Dalam pernyataan pembukaannya, Senator dari Texas Ted Cruz mengecam cara presiden menangani insiden awal pekan ini dimana 10 pelaut Amerika ditahan sebentar oleh Iran setelah kapal mereka tampaknya tersesat memasuki wilayah perairan Iran di Teluk Persia.

Kata Ted Cruz, yang tampaknya mengacu pada video yang menunjukkan para pelaut Amerika dalam tahanan Iran, “Kalau saya terpilih menjadi presiden, tidak satupun pelaut pria atau wanita akan berlutut.” Dia juga mengatakan kalau dia terpilih menjadi presiden, ”Iran akan merasakan kekuatan penuh dan kemarahan Amerika.”

Gubernur New Jersey Chris Christie juga memusatkan perhatian pada Obama, dan mempertanyakan pidato kenegaraan Obama awal pekan ini yang pada umumnya bernada optimistis.

Christie mengatakan, “Pada hari Selasa malam saya melihat pidato Barack Obama dan kedengarannya seperti keadaan di Amerika semua serba mengagumkan.”

Gubernur Christie juga mengecam cara Presiden Obama menangani insiden pelaut Amerika itu.

Christie mengatakan, "Dalam pemerintahan Christie, Iran tidak akan melakukan apa yang telah mereka lakukan.” [sp/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG