Tautan-tautan Akses

Disiarkan Luas, Debat Capres AS Jarang Ubah Hasil Pemilu


Presiden AS Barack Obama dan penantangnya Capres dari Partai Republik, Mitt Romney akan melakukan debat pertama besok malam 3 Oktober 2012 (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama dan penantangnya Capres dari Partai Republik, Mitt Romney akan melakukan debat pertama besok malam 3 Oktober 2012 (foto: dok).

Para analis mengatakan bahwa dalam lima dekade terakhir jarang acara debat Capres mengubah hasil akhir pada pemilu bagi masa jabatan empat tahun di Gedung Putih.

Jutaan warga Amerika hari Rabu malam akan menyaksikan debat pemilihan presiden Amerika yang memang sudah ditunggu-tunggu, tapi para analis mengatakan bahwa dalam lima dekade terakhir jarang debat itu mengubah hasil akhir pada pemilu bagi masa jabatan empat tahun di Gedung Putih.

Selama berhari-hari ini Presiden Barack Obama seorang Demokrat dan penantangnya dari partai Republik, mantan gubernur Mitt Romney sibuk dengan para penasehat membahas strategi mereka, mengadakan latihan debat dan mengkaji data ekonomi Amerika yang tersendat-sendat serta isu-isu dalam negeri lainnya yang menjadi fokus debat pertama ini.

Tidak berapa lama setelah debat selesai, para analis politik atau berita akan mengemukakan penilaian mereka atas kinerja masing-masing calon, mencari komentar mereka yang paling diingat dan kesalahan mengungkapkan fakta dan mengomentari bagaimana dampaknya nanti pada pemilihan tanggal 6 November.

Tapi pakar politik John Sides dari George Washington University di Washington dan para analis lain mengatakan relatif sedikit pemilu dipengaruhi oleh debat presiden, utamanya pada tahun 1960 ketika debat pertama di televisi di adakan dan pada waktu tahun 2000.

Sides mengatakan jajak pendapat pemilih pra pemilu tampaknya mengkonfirmasi bahwa pemilu tahun 1960 dan 2000 adalah pengecualian dalam sejarah kampanye Amerika. Namun menurut Sides hal itu tidak berarti, debat Obama-Romney sama sekali tidak penting.
XS
SM
MD
LG