Tautan-tautan Akses

AS

De Blasio Dilantik Jadi Walikota Baru New York


Bill de Blasio (kanan) disumpah sebagai walikota New York City oleh Jaksa Agung Eric Schneiderman (kiri), disaksikan keluarganya. (AP/Seth Wenig)

Bill de Blasio (kanan) disumpah sebagai walikota New York City oleh Jaksa Agung Eric Schneiderman (kiri), disaksikan keluarganya. (AP/Seth Wenig)

Bill de Blasio disumpah hanya beberapa saat setelah Selasa tengah malam (31/12), di depan rumahnya di Brooklyn.

Sementara masyarakat berpesta di Times Square, kota New York, Bill de Blasio mengambil sumpah jabatan untuk menjadi walikota, seorang politisi demokrat pertama menduduki jabatan itu dalam 20 tahun.

De Blasio disumpah hanya beberapa saat setelah Selasa tengah malam (31/12), di depan rumahnya di Brooklyn. Ia akan disumpah dengan resmi Rabu siang dalam upacara yang lebih besar, dengan sumpah yang diselenggarakan oleh mantan Presiden Amerika Bill Clinton.

De Blasio mengambilalih jabatan itu dari walikota yang memangku tiga masa jabatan, Michael Bloomberg, seorang independen yang berjasa menurunkan angka kejahatan dan membuat kota itu lebih ramah lingkungan.

Namun, Bloomberg telah dikecam oleh de Blasio dan lain-lain, karena meninggalkan kota itu dengan kesenjangan dalam antara golongan yang berpenghasilan tinggi yang hidup dengan nyaman, dan penduduk yang berpendapatan rendah yang berjuang dengan susah payah untuk menanggung biaya hidup mereka.

Perbedaan penghasilan itu adalah salah satu tantangan paling besar Blasio. Ia menghadapi masalah hubungan buruk antara kepolisian kota itu dan masyarakat yang dilayaninya, dan ia diperkirakan akan memperjuangkan gagasannya sendiri, yakni akses bagi semua anak ke sekolah pra taman kanak-kanak.
XS
SM
MD
LG