Tautan-tautan Akses

David Cameron Bertekad Menjadikan Inggris 'Lebih Jaya'


PM Inggris David Cameron (Foto: dok).

PM Inggris David Cameron (Foto: dok).

Perdana Menteri Inggris David Cameron bertekad untuk kembali memerintah sebagai “satu bangsa” dan menjadikan negaranya “lebih jaya”.

David Cameron menyampaikan hal ini sehari setelah Partai Konservatif pimpinannya memenangkan pemilu parlemen Inggris dengan meraih suara mayoritas.

Berbicara di luar kantornya di Downing Street 10 setelah mengunjungi Istana Buckingham, Jumat (8/5), Cameron mengatakan akan membentuk pemerintah mayoritas konservatif. Ditambahkannya Inggris “sedang berada di ambang sesuatu yang istimewa” dan bisa menjadi tempat dimana kehidupan yang baik “yang bisa diraih setiap orang yang mau bekerja dan melakukan hal-hal yang baik”.

Sementara itu, Ed Miliband, orang kedua di Partai Buruh, adalah salah satu saingan Cameron yang mengundurkan diri dari jabatannya setelah partai mereka gagal maju dalam pemilu hari Kamis.

Cameron menggambarkan Inggris sebagai negara dengan “kreatifitas dan ketrampilan yang tidak tertandingi”.

Presiden Amerika Barack Obama hari Jumat menelepon Cameron untuk menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya. Gedung Putih mengatakan Obama menggarisbawahi kembali komitmen kuatnya atas hubungan Amerika-Inggris dan menambahkan ia berharap bisa melanjutkan upaya menyampaikan berbagai kepentingan bersama dan tantangan yang dihadapi kedua negara di seluruh dunia.

Cameron mengabaikan beberapa jajak pendapat menjelang pemilu yang memperkirakan hasil tipis dalam pemilu hari Kamis (7/5). Cameron akan memerintah selama lima tahun lagi sebagai perdana menteri dan Partai Konservatif-nya menguasai 326 dari 650 kursi.

XS
SM
MD
LG