Tautan-tautan Akses

Daum Kakao Beli Aset Path untuk Pertumbuhan di Indonesia


Tampilan aplikasi Path di iPhone.

Tampilan aplikasi Path di iPhone.

Perusahaan Korea Selatan, Daum Kakao Corp, akan membeli layanan jejaring sosial Path yang telah memiliki 10 juta pengguna aktif, sebagian besar di Indonesia.

Operator aplikasi pesan seluler Korea Selatan, Daum Kakao Corp mengatakan telah membeli aset-aset jaringan sosial dari AS, Path Inc, memberikannya eksistensi kuat di Indonesia dan melonjakkan nilai sahamnya 10 persen di tengah upaya ekspansi global.

Meski Daum Kakao memiliki aplikasi obrolan yang dominan di Korea Selatan, KakaoTalk, para investor selama ini khawatir basis pengguna global KakaoTalk ketinggalan jauh dari para pesaing seperti WhatsApp milik Facebook Inc dan Line dari Naver Corp.

"Akuisisi ini menandai yang pertama dari banyak pendekatan bisnis global yang akan diambil Daum Kakao dalam beberapa tahun ke depan," ujar perusahaan tersebut dalam pernyataan tertulis, menambahkan bahwa pembelian tersebut juga akan menjelajahi peluang investasi dan kemitraan.

Daum Kakao akan membeli layanan jaringan sosial Path yang telah memiliki 10 juta pengguna aktif, sebagian besar di Indonesia, menjadikannya salah satu dari tiga besar layanan jaringan sosial negara ini. Perusahaan itu juga akan membeli aplikasi Path Talk. Rincian kontrak pembelian tidak diungkapkan.

"Pembelian ini menetapkan sebuah negara basis yang kuat dan dapat meningkatkan momentum pertumbuhan lebih jauh di negara-negara sekitarnya," ujar analis Kyobo Securities, Lee Seong-bin.

Upaya-upaya dari Daum Kakao selama ini untuk tumbuh di pasar-pasar seperti Indonesia, Filipina dan Malaysia telah gagal.

Selain memiliki posisi yang kuat di Indonesia, Path juga tumbuh pesat di Arab Saudi.

XS
SM
MD
LG