Tautan-tautan Akses

Dasar Ramalan Pendeta AS soal Kiamat Banyak Jadi Bahan Pembahasan

  • Ted Landphair

Meskipun ramalan terjadinya kiamat tidak terjadi, banyak warga Amerika masih penasaran dan kembali membahas dasar ramalan itu.

Meskipun ramalan terjadinya kiamat tidak terjadi, banyak warga Amerika masih penasaran dan kembali membahas dasar ramalan itu.

Pendeta Harold Camping meramalkan 21 Mei lalu sebagai Hari Kiamat, karena tepat 7.000 tahun setelah banjir hebat yang terjadi jaman Nabi Nuh.

Seorang tokoh agama di Amerika bersama pengikutnya, sebelumnya yakin tanggal 21 Mei 2011 sebagai hari kiamat, namun karena kiamat itu tidak terjadi, banyak yang penasaran dan kembali membahas tokoh ini dan dasar ramalannya.

Jika kita menceritakan kepada orang lain mengenai film yang bagus atau buku yang menarik bahkan pertandingan olah raga yang seru, pasti mereka ingin tahu bagaimana akhirnya. Tentu saja itulah yang dilakukan oleh media Amerika. Mereka menunggu untuk memastikan dunia tidak kiamat seperti yang diramalkan sebelum membahas semuanya.

Orang mengenal nama pendeta Kristen Harold Camping, yang acaranya disiarkan di lebih dari 200 stasiun radio di Amerika. Ia mempunyai pengikut setia dan meramalkan hari kiamat jatuh hari Sabtu 21 Mei lalu. Jika bumi tidak hancur total, setidaknya bencana hebat akan menjadi pertanda awal musnahnya bumi.

Camping memilih tanggal itu karena perhitungannya jatuh tepat 7.000 tahun setelah hari datangnya banjir hebat yang menurut Alkitab, menghancurkan semua manusia, kecuali Nabi Nuh dan istrinya serta anak-anak lelakinya beserta para istri mereka. Mereka mengarungi banjir itu dengan bahtera bersama setiap pasang berbagai binatang.

Pendeta AS Harold Camping, acara khutbahnya disiarkan di lebih dari 200 stasiun radio di Amerika.

Pendeta AS Harold Camping, acara khutbahnya disiarkan di lebih dari 200 stasiun radio di Amerika.

Meskipun para pengikut setia Pendeta Camping membuat persiapan yang serius untuk menghadapi kehancuran bumi, sebagian besar orang Amerika menganggap enteng ramalan itu. Banyak yang mengadakan “pesta hari kiamat”. Yang lainnya mengatakan kepada pasangan mereka tidak akan melakukan tugas rutin rumah tangga. Untuk apa memotong rumput halaman dan melakukan pekerjaan lainnya kalau akan kiamat.

Semua kehebohan mengenai hari kiamat mengingatkan kembali pada masa sebelum perubahan milenium dari tahun kalender 1999 ke 2000, yang juga mengilhami ramalan kehancuran dan persiapan-persiapannya.

Ada berbagai versi ramalan kehancuran dunia, seperti ramalan astronom Carl Sagan mengenai musim dingin akibat nuklir, di mana kehidupan di atas tingkat mikroba akan punah ketika awan nuklir menghentikan fotosintesis, proses di mana tanaman mengambil energi sinar matahari, air dan karbon dioksida kemudian mengubahnya menjadi makanan.

Tampaknya akan ada waktu untuk mengkaji teori-teori itu bersama ramalan-ramalan baru yang oleh pemeluk Kristen disebut the Rapture. Camping mengatakan ramalannya hanya meleset enam bulan. Perhitungan ulangnya mengatakan kiamat, tanggal 21Oktober. Hari itu adalah Jumat, jadi kalau Pendeta Camping benar, tentu tidak perlu repot membahas tugas hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG