Tautan-tautan Akses

Seperempat Dana Rekonstruksi Jepang Disalahgunakan


PM Yoshihiko Noda bersumpah akan mencoret proyek-proyek yang tidak terkait rekonstruksi dari anggaran rekonstruksi Jepang (foto: dok).

PM Yoshihiko Noda bersumpah akan mencoret proyek-proyek yang tidak terkait rekonstruksi dari anggaran rekonstruksi Jepang (foto: dok).

Sebagian dari anggaran rekonstruksi 148 miliar dolar telah diselewengkan untuk proyek-proyek pembangunan jalan di Okinawa dan sebuah pabrik lensa kontak.

Sebuah audit yang dilakukan pemerintah Jepang baru-baru ini mendapati bahwa seperempat dana yang dialokasikan untuk rekonstruksi gempa dan tsunami tahun lalu telah digunakan untuk membiayai proyek-proyek yang tidak terkait rekonstruksi.

Badan Audit Jepang, badan yang diberi mandat hukum namun bersifat independen itu, mengatakan, sebagian dari anggaran rekonstruksi 148 miliar dolar telah digunakan untuk proyek-proyek pembangunan jalan di Okinawa dan pabrik lensa kontak di bagian tengah Jepang.

Lembaga itu juga mengatakan, hampir 29 juta dolar digunakan untuk usaha-usaha melindungi armada kapal penangkap ikan paus dari para aktivis lingkungan.

Di bawah tekanan yang semakin meningkat, para pejabat pemerintah membela pengeluaran tidak terkait konstruksi itu dengan mengatakan bahwa keuntungan ekonomi pada akhirnya akan mengalir ke kawasan yang dilanda bencana itu.

Namun PM Yoshihiko Noda mengakui pekan ini bahwa pemerintah tidak berbuat cukup, dan bersumpah akan mengeluarkan proyek-proyek yang tidak terkait itu dari anggaran.
XS
SM
MD
LG