Tautan-tautan Akses

Dampak Badai Permukaan Matahari Sampai ke Bumi


The Solar Heliospheric Observatory merilis gambar Coronal Mass Ejection (CME) atau badai di permukaan matahari (Foto: 23/1).

The Solar Heliospheric Observatory merilis gambar Coronal Mass Ejection (CME) atau badai di permukaan matahari (Foto: 23/1).

Coronal Mass Injection (CME), badai dari permukaan matahari diperkirakan akan mengganggu sebagian komunikasi satelit dan listrik di bumi.

Dampak badai terbesar dalam tujuh tahun dari permukaan Matahari sudah mulai sampai ke Bumi, tetapi tidak akan merupakan ancaman terhadap mahluk hidup di planet ini.

Dinas Cuaca Nasional Amerika mengatakan ledakan radiasi surya itu, yang dinamakan Coronal Mass Ejection atau CME, kemungkinan akan mengganggu sebagian komunikasi satelit dan listrik darat ketika memuncak hari ini.

Cuaca buruk di angkasa diperkirakan akan berlangsung sampai Rabu.

Badan cuaca Amerika itu mengatakan CME pekan ini berasal dari semburan kecil sinar-X yang meledak di permukaan Matahari Senin pagi.

Terakhir Matahari menghasilkan badai sekuat ini adalah bulan Mei tahun 2005.

Matahari sedang memasuki masa kekerasan yang semakin meningkat dalam siklus normal 11-tahunnya. Kegiatan yang disebut solar maximum ini terjadi secara berkala, diperkirakan akan memuncak tahun 2013.

XS
SM
MD
LG