Tautan-tautan Akses

Dale Anderson: Kecintaan pada Hewan Liar, Bangun Proyek Konservasi

  • Jan Sluizer

Dale Anderson bermain dengan Murado, seekor jaguar yang dia pelihara di Cat Haven.

Dale Anderson bermain dengan Murado, seekor jaguar yang dia pelihara di Cat Haven.

Dale Anderson selalu ingin punya harimau sebagai hewan piaraan di halaman belakang rumahnya. Sekarang pada usia 51 tahun, pekarangan milik Anderson di kaki pegunungan Sierra Nevada, California menjadi rumah bagi 27 kucing liar – yakni harimau dan sejenisnya.

Kecintaan Dale Anderson dengan kucing besar berawal ketika dia masih bersekolah di kelas 7 SMP di Santa Rosa, California. Ketika itu, seekor anak singa gunung dibawa ke ruang kelasnya.

Ketika dia berusia tiga puluhan, setelah bekerja selama dua tahun di sebuah pusat penangkaran satwa langka dan menghabiskan beberapa tahun mengunjungi banyak margasatwa kucing besar di seluruh dunia, Anderson merasa memenuhi syarat untuk memulai proyek sendiri.

Pada tahun 1992, Anderson membeli tanah bersemak belukar dan bermata air alami seluas 37 hektar di California. Dia kemudian minta izin untuk memelihara binatang liar eksotis yang terancam punah. Enam tahun kemudian, ia membuka 'Cat Haven' atau suaka bagi harimau dan sejenisnya.

Seekor singa bernama Cuzy, salah satu piaraan Dale Anderson, istirahat di Cat Haven.

Seekor singa bernama Cuzy, salah satu piaraan Dale Anderson, istirahat di Cat Haven.

Anderson menganggap hewan-hewan piaraannya sebagai duta yang mewakili semua harimau dan sejenisnya yang terancam punah. Ia percaya bahwa jika orang dapat secara pribadi melihat hewan-hewan itu dari dekat di Cat Haven, mereka akan jatuh cinta dan terinspirasi untuk membantu upaya-upaya pelestarian satwa langka itu. Ia kemudian meluncurkan Proyek Kelangsungan Hidup untuk menghimpun dana bantuan masyarakat.

"Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan ke masyarakat dan kemudian menyalurkan uang dari sini ke proyek-proyek yang perlu dilakukan di seluruh dunia. Yang ingin saya lakukan adalah membuat orang sadar akan perlunya konservasi. Saya ingin melakukan sesuatu untuk menyelamatkan hewan di alam liar dan saya memiliki cara untuk melakukan itu. Saya bisa bekerja melalui Proyek Kelangsungan Hidup ini untuk mewujudkannya," papar Anderson.

Semua harimau dan binatang sejenisnya di Cat Haven dikandangkan, tetapi mereka memiliki areal yang luas untuk menjelajah dan berolahraga. Setiap kandang disesuaikan dengan kebutuhan hewan. Anderson mengatakan binatang-binatang itu merasa kerasaan di kandang, dan menurutnya jika mereka tidak senang, mereka akan menunjukkan ketidaksenangan itu.

Ketika Anderson berjalan ke salah satu kompleks harimau, mereka menyambutnya dengan melompat dan menempatkan kaki di pundak Anderson. Ketika dia duduk, harimau-harimau itu berusaha merangkak di pangkuannya.

Seekor cheetah bernama Tango di Cat Haven, berusia 5 tahun, yang bisa menghasilkan 8.000 dolar untuk sekali tampil di iklan televisi.

Seekor cheetah bernama Tango di Cat Haven, berusia 5 tahun, yang bisa menghasilkan 8.000 dolar untuk sekali tampil di iklan televisi.

Beberapa harimau yang lahir di penangkaran dibawa keluar areal itu untuk keperluan publisitas, pendidikan dan penggalangan dana.

Anderson memerlukan biaya sekitar 225 ribu dolar per tahun untuk mengoperasikan Cat Haven. Dia menyumbangkan berapa pun uang yang terkumpul melebihi jumlah itu untuk konservasi harimau di seluruh dunia.

Selama beberapa tahun ini, dia menyumbangkan 20-ribu dolar untuk proyek konservasi Cheetah di Botswana. Kelompok ini berusaha mengurangi konflik untuk memperebutkan padang rumput yang digunakan oleh para peternak dan juga sebagai tempat hidup cheetah.

Walaupun dia membantu membuat perubahan positif dalam dunia harimau, Dale Anderson mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan mengingat bagaimana dia bereaksi terhadap kucing besar ketika ia masih duduk di bangku SMP, Anderson dan Tango – yakni cheetah berusia lima tahun – setiap tahun mengunjungi sekitar 50 sekolah dan dia sering menyambut kelompok anak-anak sekolah ke Cat Haven.

XS
SM
MD
LG