Tautan-tautan Akses

Dalam Pesan Tahun Baru Persia, Obama Imbau Kebebasan Informasi di Iran


Presiden AS Barack Obama menyerukan pencabutan apa yang disebutnya 'tirai elektronik' di Iran.

Presiden AS Barack Obama menyerukan pencabutan apa yang disebutnya 'tirai elektronik' di Iran.

Presiden AS Barack Obama telah menggunakan pesan Tahun Baru Persia, Nowruz, untuk menyerukan pencabutan apa yang disebut "tirai elektronik" di seputar Iran.

Dalam pesan video hari Selasa, Presiden Obama mengatakan Amerika Serikat akan terus menyorot tirai itu, dan menggambarkannya sebagai "penghalang yang menghentikan aliran informasi dan gagasan ke negara itu" dan menutup rakyat Iran dari dunia.

Menurut Presiden Obama, pemerintahannya mengeluarkan pedoman baru untuk membantu bisnis Amerika menyediakan perangkat lunak dan layanan ke Iran yang akan mempermudah warga Iran untuk menggunakan Internet.

Berpidato langsung kepada rakyat Iran, dia mengatakan bahwa Amerika mengupayakan dialog untuk mendengar pandangan mereka dan memahami aspirasi mereka.

Warga Iran memberi reaksi beragam terhadap pesan Nowruz Presiden Obama pada masa lalu, dengan beberapa mempertanyakan ketulusannya.

Tahun baru kali ini datang pada saat kedua negara dalam tegangan tinggi mengenai program nuklir Iran. Amerika dan negara Barat lainnya menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir. Iran menegaskan program nuklirnya bertujuan damai.

XS
SM
MD
LG