Tautan-tautan Akses

Dalai Lama Dapat Hadiah Templeton 1,7 Juta Dolar


Pemerintah Tiongkok menuding Dalai Lama dan kelompok-kelompok asing menggerakkan kerusuhan dengan bakar diri di Tibet (Foto: dok)

Pemerintah Tiongkok menuding Dalai Lama dan kelompok-kelompok asing menggerakkan kerusuhan dengan bakar diri di Tibet (Foto: dok)

Dalai Lama menjadi pusat perhatian dan menuai kecaman dari para pejabat Tiongkok saat diumumkan bahwa dia memenangkan hadiah Templeton senilai 1,7 juta dolar.

Hadiah 1,7 juta dolar itu dianugerahkan setiap tahun kepada satu orang yang dianggap telah memberi sumbangan luar biasa dalam menunjukkan dimensi kerohanian dalam kehidupan.

Dalam video YouTube yang dimuat dalam situs internet Templeton Prize, pemimpin kerohanian Tibet itu tetap berpendapat bahwa kekerasan bukan cara yang benar.

Penganugerahan hadiah itu akan secara resmi diberikan kepada Dalai Lama tanggal 14 Mei 2012 mendatang, di London.

Sementara itu, para pemrotes Tibet di New Delhi terus menyuarakan aksi mereka agar dapat menarik perhatian dunia, hal yang tidak mungkin mereka lakukan apabila mereka berada di Tiongkok.

Warga pengasingan Tibet di New Delhi berteriak-teriak saat polisi membawa mereka pergi. Protes hari Kamis adalah protes terbaru dalam serangkaian aksi unjuk rasa anti-kunjungan Presiden Tiongkok, Hu Jintao.

Protes itu dan tanggapan Tiongkok datang sehari setelah seorang pria Tibet berusia 27 tahun tewas bakar diri, pekan lalu.
XS
SM
MD
LG