Tautan-tautan Akses

Dalai Lama Tampil di Panggung Festival Musik di Inggris


Pemimpin spiritual Tibet yang tinggal di pengasingan, Dalai Lama (foto: dok).

Pemimpin spiritual Tibet yang tinggal di pengasingan, Dalai Lama (foto: dok).

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Dalai Lama hari Minggu (28/6) menyebut festival musik Glastonbury sebagai “festival rakyat, bukan politisi dan pemerintah.”

Salah satu penampilan yang paling banyak dibicarakan dalam festival musik Glastonbury di Inggris bukanlah oleh penyanyi atau rocker, melainkan Dalai Lama, demikian menurut kantor berita Associated Press.

Pemimpin spiritual Tibet yang tinggal di pengasingan itu, muncul dalam festival tersebut untuk pertama kalinya, berbicara di atas panggung kecil tentang perlunya pendidikan moral di sekolah-sekolah dan universitas. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu juga menyebut Glastonbury sebagai “festival rakyat, bukan politisi dan pemerintah.”

Dalai Lama sebelumnya menepis “tanggapan biasa” berupa kecaman dari kementerian luar negeri China, yang mengatakan China secara tegas menentang setiap organisasi yang memberi platform bagi “aktivitas separatis anti-China.”

Pemimpin spiritual itu bergabung bersama penyanyi Patti Smith di atas panggung hari Minggu, di mana ia juga mendapat kue ulang tahun. Para penonton berkerumun menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” untuk merayakan ulang tahun ke-80 Dalai Lama yang jatuh pada minggu depan.

XS
SM
MD
LG