Tautan-tautan Akses

Daftar Peserta Konferensi Suriah Masih Belum Jelas


Sekjen PBB Ban Ki-moon berbicara kepada wartawan hari Senin (25/11) mengenai rencana konferensi perdamaian Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon berbicara kepada wartawan hari Senin (25/11) mengenai rencana konferensi perdamaian Suriah.

Pejabat PBB mengatakan konferensi perdamaian Suriah yang sudah lama ditunggu-tunggu akan diselenggarakan tanggal 22 Januari di Jenewa, Swiss.

Pejabat-pejabat PBB mengatakan konferensi perdamaian Suriah yang sudah lama ditunggu-tunggu akan diselenggarakan tanggal 22 Januari di Jenewa, tetapi daftar pihak-pihak yang akan hadir masih belum jelas.

Berbicara kepada wartawan hari Senin (25/11), Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan pemerintah Suriah dan pihak oposisi akan "bertemu di meja perundingan dan bukan di medan perang" untuk pertama kalinya sejak konflik Suriah dimulai tahun 2011.

Ban Ki-moon mengatakan konferensi perdamaian harus mengarah pada implementasi penuh Perjanjian Jenewa yang disepakati oleh kekuatan-kekuatan regional bulan Juni 2012. Dokumen itu menyerukan pihak-pihak yang berperang di Suriah untuk menyepakati pembentukan badan transisi dengan kekuasaan eksekutif penuh, termasuk militer dan badan keamanan.

Sekjen PBB tidak menyatakan apakah faksi-faksi oposisi Suriah akan menghadiri konferensi perdamaian itu. Ia juga tidak mengatakan apakah Iran akan diundang dalam perundingan.

Dalam pernyataan sebelumnya yang dirilis oleh juru bicara Sekjen PBB, Ban mengatakan bahwa ia mengharapkan supaya "semua mitra regional dan internasional" menunjukkan "dukungan berarti bagi perundingan yang konstruktif."
XS
SM
MD
LG