Tautan-tautan Akses

Curiosity Tangkap Video Dramatis dari Mars


Gambar dari video yang diambil menunjukkan bulan Phobos melintas di depan bulan Deimos.

Gambar dari video yang diambil menunjukkan bulan Phobos melintas di depan bulan Deimos.

Robot penjelajah Mars NASA merekam video yang menunjukkan bulan Phobos melintas di depan bulan yang lebih kecil, Deimos.

Robot penjelajah Badan Antariksa Amerika di Mars menangkap gambar-gambar dramatis dua bulan planet itu melintas satu sama lain di langit Mars.

Robot penjelajah Mars NASA yang dikenal sebagai Curiosity merekam video itu 1 Agustus dan menunjukkan bulan Phobos melintas di depan bulan yang lebih kecil, Deimos.

Video itu adalah video pertama dari Mars yang menunjukkan bulan saling melingkupi bulan lainnya. Ilmuwan mengatakan pemantauan Phobos dan Deimos membantu periset menambah pengetahuan mereka mengenai orbit-orbit bulan itu.

Ilmuwan NASA mengatakan diameter Phobos kurang dari satu persen dari diameter bulan bumi tapi Phobos orbitnya lebih dekat ke Mars dibandingkan jarak bulan dari bumi.

Dilihat dari permukaan Mars, Phobos tampak separuh luas bulan bumi, kalau bulan disaksikan dari bumi.

Proyek Laboratorium Sains Mars NASA menggunakan Curiosity dan 10 peralatan robot penjelajah itu untuk menyelidiki sejarah lingkungan di dalam Gale Crater, sebuah lokasi dimana proyek itu mendapati bahwa lingkungannya dulu menunjang kelangsungan hidup mikroba.

Robot penjelajah itu mendarat di Mars 6 Agustus 2012, atau sekitar 8 bulan lebih setelah diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida pada tanggal 26 November 2011.
XS
SM
MD
LG