Tautan-tautan Akses

Gembong Narkoba Terbesar di Dunia Tertangkap di Meksiko


Joaquin "El Chapo" Guzman dikawal ke sebuah helikopter di Mexico City, Mexico, Sabtu, 22 Februari 2014.

Joaquin "El Chapo" Guzman dikawal ke sebuah helikopter di Mexico City, Mexico, Sabtu, 22 Februari 2014.

Petugas keamanan Meksiko telah menangkap gembong narkoba yang paling besar di seluruh dunia, di sebuah kota peristirahatan hari Sabtu.

Joaquin Guzman, alias El Chapo yang berumur 56 tahun dibawa petugas keamanan ke Meksiko City dari kota Mazatlán di negara bagian Sinaloa. Ia dikawal oleh pasukan marinir ke sebuah helikopter yang telah disiapkan untuk membawanya ke penjara. Guzman dan organisasinya adalah pemasok kokain terbesar ke Amerika.

Guzman ditangkap hari Sabtu pagi di sebuah kondominium bertingkat yang terletak di pantai Lautan Pasifik. Kata pejabat Amerika, jawatan pengawasan narkoba Amerika sangat terlibat dalam penangkapan Guzman. Jaksa Agung Amerika Eric Holder mengatakan, penangkapan Guzman merupakan kemenangan bagi warga Meksiko dan Amerika.

Tahun lalu, Guzman diberi julukan musuh rakyat nomor satu oleh Komisi Kejahatan kota Chicago. Ia adalah orang kedua yang mendapat julukan itu setelah Al Capone, kepala sindikat kejahatan dalam tahun 1930-an di Amerika. Kira-kira 70.000 orang tewas dalam kekerasan terkait narkoba di Meksiko sejak Presiden Calderon mengerahkan ribuan tentara untuk menumpas kartel-kartel obat bius gelap itu.
XS
SM
MD
LG