Tautan-tautan Akses

“Cubitan” (Tweak) Facebook bisa Hindari Sensor oleh Iran dan China


Logo Facebook di layar komputer (Foto: ilustrasi)

Logo Facebook di layar komputer (Foto: ilustrasi)

Banyak pengguna Facebook di China dan Iran mungkin dapat mengakses jaringan sosial terbesar di dunia lewat ponsel pintar mereka tanpa takut diawasi, berkat penyesuaian perangkat lunak yang menghubungkan mereka ke Jaringan anonim (disebut “anonymizer”) yang menyembunyikan lokasi dan identitas mereka.

Aplikasi Facebook untuk smartphone yang menggunakan sistem Android memiliki fitur baru itu. Fitur itu menghubungkan Facebook ke apa yang dinamakan Proyek Tor (https://www.torproject.org/system), yang memungkinkan pengguna untuk menghindari sensor dan secara efektif melindungi privasi mereka.

Perangkat lunak Tor itu gratis, dikelola oleh para relawan pendukung privasi. Pengguna facebook yang menggunakan ponsel Android dapat menginstal aplikasi Tor mobile bernama Orbot, dengan cara menekan tombol di aplikasi Facebook dan secara otomatis terhubung ke Facebook melalui jaringan Tor.

Ponsel iPhone produksi Apple, yang menggunakan sistem operasi yang berbeda, tidak memiliki tautan ke Tor.

Facebook mengatakan “cubitan” atau "Tweak" untuk aplikasinya tidak dirancang dengan tujuan khusus menghindari sensor di Tiongkok dan Iran. Karena kebanyakan pertumbuhan Facebook, yang kini memiliki 1,4 miliar pengguna di seluruh dunia, berada di luar Amerika Serikat, para analis industri melihat fitur yang disebut sebagai “anonymizer” tersebut sebagai alat untuk memperluas pengguna jaringan sosial lebih jauh, terutama di kalangan pengguna ponsel. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG