Tautan-tautan Akses

AS

Cuaca Sangat Dingin Landa Sebagian Besar Amerika


Cuaca dingin melanda kota Dallas, negara bagian Texas yang biasanya jarang dilanda salju (6/12). Negara bagian Minnesota, Montana dan South Dakota dilanda udara dingin di bawah nol.

Cuaca dingin melanda kota Dallas, negara bagian Texas yang biasanya jarang dilanda salju (6/12). Negara bagian Minnesota, Montana dan South Dakota dilanda udara dingin di bawah nol.

Suhu udara di Montana dan South Dakota hari Sabtu turun lebih dari 20 derajat di bawah nol Celcius, sementara angin dingin bisa membuat suhu di negara bagian Minnesota terasa 50 derajat di bawah nol.

Cuaca musim gugur yang sangat dingin dan melanda sebagian besar Amerika dinilai sebagai penyebab tewasnya beberapa orang, dan memaksa banyak orang lainnya berjuang dalam cuaca sangat dingin, pemadaman listrik dan kondisi jalan yang berbahaya.

Peramal cuaca mengatakan cuaca sangat dingin akan melanda Virginia dan Atlantik-Tengah.

Suhu udara di Montana dan South Dakota hari Sabtu turun lebih dari 20 derajat di bawah nol Celcius, sementara sebagian besar daerah Midwest berada dalam suhu belasan derajat atau bahkan satu digit. Petugas-petugas urusan cuaca juga mengatakan angin dingin bisa membuat suhu di Minnesota terasa 50 derajat di bawah nol.

Negara bagian Texas hingga Ohio dan Tennessee diperkirakan akan diselimuti es hingga akhir pekan. Sementara pejabat negara bagian Virginia telah memperingatkan warga tentang kemungkinan badai es pada hari Minggu, yang dapat menyebabkan pemadaman listrik dan gangguan di jalan raya.

Di California, sedikitnya empat orang meninggal karena kedinginan di daerah San Fransisco Bay dan sekitar enam orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas terkait cuaca di beberapa negara bagian.

Lebih dari 100 ribu warga di Dallas, tujuh ribu warga di Oklahoma dan puluhan ribu warga di beberapa negara bagian lainnya hari Sabtu tidak punya listrik. Sekitar 400 penerbangan dari bandara internasional Forth Worth di Dallas dibatalkan Sabtu pagi dan sekitar 3.300 penumpang terpaksa bermalam di bandara.

Jalan-jalan utama di Interstate 35 Dallas Utara terpaksa ditutup selama beberapa jam karena tertutup es, sementara traktor-traktor mengalami kesulitan mendaki bukit dan sejumlah kendaraan macet di jalan-jalan.

Hujan sangat dingin dan kondisi licin tampaknya akan terjadi di Memphis – Nashville dan daerah-daerah lain di Tennessee Sabtu malam, sebelum badai itu tiba di timur laut.

Juru bicara badan urusan darurat di Virginia Laura Southard mengatakan badai ini berpotensi menjadi “badai es paling besar”.

Cuaca dingin ini memaksa pembatalan acara, termasuk Dallas Marathon hari Sabtu yang tadinya diperkirakan akan diikuti oleh 25 ribu pelari. Juga St. Jude Marathon di Memphis yang sedianya diikuti oleh 20 ribu pelari. Namun pertandingan futbal antara Central Florida dan Southern Methodish di Dallas yang diselimuti es tetap berlangsung tapi tidak banyak penontonnya.
XS
SM
MD
LG