Tautan-tautan Akses

AS

Cuaca Dingin, Salju Landa Sebagian Amerika


Sekumpulan angsa berjalan di sepanjang taman depang kolam di tengah hujan salju yang tebal sementara badai musim dingin pertama musim ini melanda wilayah Portland, Oregon (8/12). (AP/Don Ryan)

Sekumpulan angsa berjalan di sepanjang taman depang kolam di tengah hujan salju yang tebal sementara badai musim dingin pertama musim ini melanda wilayah Portland, Oregon (8/12). (AP/Don Ryan)

Lebih dari 1.200 penerbangan telah dibatalkan di bandara O’Hare Chicago dan 175 penerbangan lainnya di Midway akibat salju tebal.

Salju dan suhu yang sangat dingin kini melanda daerah Great Lakes di bagian atas tengah serta kawasan timur laut Amerika Serikat. Cuaca sangat dingin ini mulai terjadi Minggu malam (11/12), membuat sebagian Minnesota diselimuti salju setinggi 30 sentimeter dan membuat suhu di Wisconsin, Illinois dan Indiana turun.

Pakar meteorologi di Badan Cuaca Nasional di La Crosse, Wisconsin, Dave Schmidt mengatakan kepada Associated Press, ini merupakan “tamparan” setelah suhu yang cukup hangat di bulan November."

Salju setebal sepuluh sentimeter menyelimuti Chicago Minggu pagi. Situs otorita penerbangan di Chicago mengatakan lebih dari 1.200 penerbangan telah dibatalkan di bandara O’Hare Chicago dan 175 penerbangan lainnya di Midway.

Michigan juga diperkirakan akan dilanda salju hingga setebal 25 sentimeter. Salju telah membuat sebuah pesawat Delta yang membawa 70 penumpang dan awak pesawat dan berupaya mendarat di bandara Detroit Metropolitan tergelincir dan berakhir di rumput bersalju ketika akan merapat. Tidak ada korban luka-luka dalam insiden itu.

Sementara ke arah timur, Cleveland diperkirakan akan dilanda salju setebal 15 sentimeter, sementara sebagian Vermont akan ditutupi salju setebal 30 sentimeter.

Lembah Sungai Ohio dan Mid-Atlantik juga dilanda campuran salju, hujan es dan suhu yang sangat dingin.

“Nasihat terbaik yang bisa kami sampaikan untuk saat ini adalah jangan keluar rumah dan berada di jalan jika mungkin, atau jika terpaksa maka berkendara dengan kecepatan rendah dan tidak terburu-buru," ujar pakar meteorologi Mark Steinwedel.

“Jika tidak perlu bepergian, lebih baik tinggal di rumah," tambahnya.

Suhu antara 15 hingga 30 derajat di bawah rata-rata yang diikuti hujan dingin dan salju diperkirakan akan melanda sebagian besar daerah tengah barat dan kawasan timur Amerika dalam beberapa hari mendatang. [em]

XS
SM
MD
LG