Tautan-tautan Akses

Cristiano Ronaldo Jadi Duta Hutan Bakau

  • Muliarta

Bintang sepakbola Cristiano Ronaldo bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara penanaman hutan bakau di Tanjung Benoa, Bali. (AP/Firdia Lisnawati)

Bintang sepakbola Cristiano Ronaldo bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara penanaman hutan bakau di Tanjung Benoa, Bali. (AP/Firdia Lisnawati)

Bintang sepakbola dunia asal Portugis, Cristiano Ronaldo, ditunjuk sebagai duta hutan bakau oleh Forum Peduli Mangrove Bali.

Bintang sepak bola asal Portugis Cristiano Ronaldo, juga dikenal sebagai CR7, dinobatkan sebagai duta hutan bakau oleh Forum Peduli Hutan Mangrove (FPBM) Bali, Rabu (26/6).

Penunjukan tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat Duta Forum Peduli Mangrove oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam kegiatan penanaman satu miliar pohon di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai, Tanjung Benoa di Bali.

Penunjukan Ronaldo sebagai duta hutan bakau digagas oleh Forum Peduli Mangrove Bali, sebuah gerakan pelestarian hutan bakau di Bali yang didukung oleh lembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa, Bali.

Dalam keteranganya usai menerima sertifikat duta Forum Peduli Mangrove Bali, Ronaldo berharap kehadirannya di Bali dapat menjadi inspirasi bagi upaya pelestarian hutan bakau.

“Saya senang sekali datang ke Indonesia. Saya harap peran saya di Bali hari ini dapat memberikan dorongan terhadap inisiatif dalam menyelamatkan hutan bakau,” ujarnya.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyampaikan kepedulian Cristiano Ronaldo terhadap hutan bakau berawal dari foto bocah kelas 3 SD bernama Martunis yang beredar di jejaring media sosial. Martunis merupakan anak asal Aceh yang ditemukan tersangkut di hutan bakau pasca bencana tsunami 2004. Saat diselamatkan, Martunis sedang menggunakan kaos bertuliskan nama Ronaldo

“Melalui jaringan media sosial, foto ini menyebar dan ananda ini memakai baju kaos Ronaldo, sampailah ke Ronaldo. Akhirnya Ronaldo datang ke Aceh. Selain itu ada ketertarikan Cristiano Ronaldo atas program moratorium (hutan) dan menanam satu miliar pohon,” ujarnya.

Zulkifli menambahkan melalui program moratorium dan menanam satu miliar pohon, laju deforestasi di Indonesia pada 2011 dan 2012 tercatat sebagai deforestasi terendah sepanjang sejarah yaitu mencapai 450 ribu hektar per tahun, dibandingkan 3,5 juta hektar per tahun pada 2001 dan 2002.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sedang berada di Bali berharap masyarakat Indonesia memberi contoh dan menjadi contoh dalam upaya menjaga kelestarian hutan, termasuk hutan bakau.

“Mari kita berikan contoh, yang penting memberi contoh dan menjadi contoh untuk menjaga kelestarian lingkungan kita, dan hari ini saya mengajak semuanya untuk menanam mangrove bersama,” ujarnya.

Presiden Yudhoyono mengingatkan ke depan harus ada aksi nyata dalam menjaga luasan hutan Indonesia yang kini hanya mencapai 130 juta hektar. Dari wilayah tersebut, 3,7 juta hektar diantaranya adalah hutan bakau.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG