Tautan-tautan Akses

Co-Pilot Germanwings Berlatih Menukik Sebelum Penerbangan Naas


Puing Germanwings Airbus A320 di lokasi jatuhnya pesawat dekat Seyne-les-Alpes, Alpen Perancis.

Tim penyelidik Perancis mengatakan co-pilot yang dengan sengaja menjatuhkan pesawat Germanwings di pegunungan Alpen Perancis di bulan Maret dan menewaskan 150 orang, telah mencoba manuver tersebut pada penerbangan sebelumnya pada hari yang sama.

Para penyelidik mengumumkan Rabu bahwa Andrea Lubitz berkali-kali menukikkan pesawat dan kemudian membawa pesawat kembali stabil pada penerbangan dari Duesseldorf ke Barcelona.

Dalam laporan, para penyelidik mengatakan Lubitz tampaknya sendirian di kokpit, sama dengan saat-saat terakhir penerbangan berikutnya beberapa jam kemudian.

Temuan-temuan sebelumnya mengindikasikan Lubitz mengunci pilot di luar kokpit saat pilot meninggalkan kokpit untuk menggunakan kamar kecil sejam setelah penerbangan meninggalkan Barcelona dalam perjalanan kembali ke Duesseldorf.

Mereka mengatakan Lubitz kemudian membawa Airbus A320 tersebut menukik tajam, tanpa menghiraukan teriakan pilot yang meminta Lubitz membuka pintu kokpit, yang dapat terdengar dalam rekaman audio yang ditemukan.

Akhir bulan lalu, ratusan pelayat berkumpul di Katedral Cologne di Jerman untuk sebuah upacara mengenang 150 korban jatuhnya pesawat ini.

Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Jerman Joachim Gauck, dan para pejabat dari Perancis dan Spanyol menghadiri upacara tersebut, demikian pula dengan para eksekutif dari Germanwings dan Lufthansa. Pesawat Germanwings tersebut sedang dalam perjalanan dari Barcelona ke Duesseldorf saat pesawat jatuh.

Dalam upacara tersebut, lilin dinyalakan bagi masing-masing korban, termasuk co-pilot Lubitz.

Lufthansa adalah perusahaan induk Germawings, yang melayani penerbangan jarak pendek di Eropa.

Sebagian informasi bagi laporan ini disediakan oleh AP dan AFP.

XS
SM
MD
LG