Tautan-tautan Akses

CPJ Beri Penghargaan 4 Wartawan Pemberani


Mantan wartawan lepas (freelance) Iran yang dipenjarakan, Siamak Ghaderi mendapat penghargaan dari CPJ (foto: dok).

Mantan wartawan lepas (freelance) Iran yang dipenjarakan, Siamak Ghaderi mendapat penghargaan dari CPJ (foto: dok).

The Committee to Protect Journalists (CPJ) Selasa (30/9) memberi penghargaan kepada wartawan Myanmar, Iran, Rusia dan Afrika Selatan atas keberanian mereka.

Organisasi pelindung wartawan, The Committee to Protect Journalists (CPJ) memberi penghargaan kepada wartawan Myanmar, Iran, Rusia dan Afrika Selatan karena laporan mereka yang berani walaupun ada sensor, kekerasan dan kemungkinan hukuman penjara.

CPJ mengatakan 'International Press Freedom Awards' tahun 2014 akan diberikan kepada pendiri dan pimpinan redaksi harian Irrawaddy, Aung Zaw dari Birma, mantan wartawan lepas (freelance) yang dipenjarakan Siamak Ghaderi dari Iran, penyiar televisi independen Mikhail Zygar dari Rusia dan redaktur harian City Press, Ferial Haffajee dari Afrika Selatan.

CPJ dalam pernyataan hari Selasa mengatakan mereka diberi penghargaan karena menempuh resiko untuk melaporkan berita-berita walaupun para wartawan menghadapi kekerasan dan penindasan yang mencapai rekor. Direktur eksekutif CPJ, Joel Simon mengatakan Zaw, Ghaderi, Zygar, dan Haffajee “tidak takut dan tidak menyerah” serta menghadapi “semua resiko” untuk melaporkan berita-berita itu.

CPJ juga berencana untuk memberikan penghargaan seumur hidup kepada Jorge Ramos, salah seorang penyiar televisi berbahasa Spanyol Univision News sejak 1986.

XS
SM
MD
LG