Tautan-tautan Akses

Coen Bersaudara Hadirkan Kembali Karya Cowboy Klasik 'True Grit'

  • Alan Silverman

Hailee Steinfeld (Mattie Ross), Matt Damon (LaBeouf), dan Jeff Bridges (Rooster Cogburn) dalam'True Grit' versi Coen bersaudara.

Hailee Steinfeld (Mattie Ross), Matt Damon (LaBeouf), dan Jeff Bridges (Rooster Cogburn) dalam'True Grit' versi Coen bersaudara.

Sutradara ternama Joel dan Ethan Coen menghadirkan kembali kisah yang diangkat dari novel klasik, yang filmnya pernah dibintangi bintang cowboy, John Wayne.

Pemenang Oscar Joel dan Ethan Coen menghadirkan sudut pandang yang berbeda pada sebuah novel cowboy klasik Amerika untuk film terbaru mereka. Film ini berkisah tentang penjahat, penegak hukum, pembunuhan, hukuman, dan pertobatan, cerita yang sebelumnya sudah pernah difilmkan.

Reuben "Rooster" Cogburn adalah seorang laki-laki tua, veteran yang sudah kenyang adu tembak dengan lawan-lawannya. Ia memakai penutup mata hitam pada salah satu matanya dan mulutnya beraroma whiski. Sedangkan Mattie Ross adalah seorang remaja berkepang dua yang bertekad untuk mencari Tom Chaney, orang yang membunuh ayahnya.

Terkesan dengan reputasi Rooster sebagai penembak, Mattie menawarkan hadiah bagi Rooster jika ia menemukan pembunuh ayahnya, dan ini menjadi awal petualangan terbesar dalam kehidupan Mattie sebagai seorang remaja.

Ini adalah film pertama untuk Hailee Steinfeld, yang berusia 13 tahun saat Coens menawarkan peran sebagai Mattie kepadanya.

Hailee Steinfeld berperang sebagai Mattie Ross, anak muda yang mencari pembunuh ayahnya.

Hailee Steinfeld berperang sebagai Mattie Ross, anak muda yang mencari pembunuh ayahnya.

"Saya harus belajar cara menembak dengan pistol dan menggulung rokok. Itu adalah dua hal penting yang harus saya pelajari," ungkap Hailee Steinfeld.

Steinfeld harus membiasakan diri dengan dialog-dialog yang kompleks dan formal yang ada dalam novel Charles Portis.

"Ketika saya pertama kali mendapatkan naskahnya, itu adalah hal pertama yang benar-benar harus saya pelajari. Saya harus mengerti apa maksud semua kalimat dalam naskah itu," kata Steinfeld. "Kemudian saya harus membacanya kembali dan memastikan bahwa saya memahami apa maksudnya bagi saya serta bagaimana menghubungannya dengan kehidupan saya sehari-hari. Tentang aksen bicaranya, itu keluar begitu saja ketika melakukan dialog saat syuting."

Pemenang Oscar Jeff Bridges berperan sebagai Rooster, seorang pria yang mahir berkuda dan penembak cepat dengan enam-tembakan yang mematikan.

"Saya suka sekali ketika ayah saya berperan sebagai cowboy," kenang Bridges. "Ketika ia muncul di pintu depan dengan dandanan ala cowboy-nya, itu sangat meyenangkan bagi saya. Jadi menurut saya ada kenangan tentang ayah saya di sana."

Ayahnya adalah Lloyd Bridges, yang pernah berperan sebagai penegak hukum jaman cowboy, tetapi peran ini menjadi berbeda ketika dibawakan oleh Jeff Bridges.

Jeff Bridges sebagai Rooster Cogburn.

Jeff Bridges sebagai Rooster Cogburn.

"Saya ingin tahu mengapa orang-orang ini ingin membuat film itu lagi dan saya pikir Ethan (Coen)-lah yang mengoreksi saya dan berkata 'Tidak, kami tidak membuat film itu kembali, kami memfilmkan buku itu, seolah-olah ini baru pertama kalinya," kata Bridges. "Saya belum pernah membaca buku itu sebelumnya dan Ethan mengatakan: 'Coba baca bukunya dan komentari isinya'. Lalu saya membaca buku itu dan menjadi paham apa yang mereka maksud. Ini buku yang sangat menarik dengan tokoh yang hebat. Hampir semua tokoh dalam cerita cowboy biasanya kuat dan pendiam. Tetapi tokoh dalam buku ini berbeda, ia adalah orang yang kasar. Jadi saya pikir ini sangat menarik."

Buku ini sebelumnya sudah pernah difilmkan pada tahun 1969 dan John Wayne - "the Duke" - memenangkan Oscar untuk penampilannya sebagai Rooster, jagoan bermata satu yang pemabuk.

"Saya sebelumnya tidak pernah berpikir menggantikan John Wayne, sampai kemudian ada yang menawarkannya. Saya tidak pernah memikirkan tentang ini ketika memerankannya. Saya hanya melakukan yang terbaik, itulah yang selalu saya lakukan," kata Bridges.

Coen bersaudara bersikeras mereka tidak membuat ulang film itu, tapi lebih kepada mengadaptasi buku ini secara menyeluruh, yang menurut Joel Coen, inti ceritanya terletak pada perjalanan Mattie remaja.

"Yang kami ambil dari buku itu adalah rasanya mengalami petualangan ketika remaja atau semacam genre 'fiksi petualangan dewasa muda'. Yang sangat menarik bagi kami adalah bagaimana cerita itu bisa dibuat kedalam film," ungkap Coen.

Bahkan, Ethan Coen enggan menyebut True Grit sebagai film cowboy.

Sutradara Ethan dan Joel Coen di tengah pembuatan film 'True Grit.'

Sutradara Ethan dan Joel Coen di tengah pembuatan film 'True Grit.'

"Ini bisa dikatakan film cowboy. Ada orang-orang bersenjata naik kuda, tetapi ini bukan cerita 'Zane Grey'. Ini bukan film cowboy seperti itu dan kami benar-benar lebih terfokus dengan cerita dalam novel itu dibandingkan dengan muatan cowboy-nya," jelas Coen.

Film True Grit juga dibintangi oleh Barry Pepper sebagai bandit 'Ned Lucky. " Matt Damon memainkan Texas Ranger yang sombong bernama LaBoeuf, yang bergabung dengan Mattie dan Rooster dalam pencarian mereka untuk menemukan Tom Chaney si pembunuh yang diperankan oleh Josh Brolin. Sutradara Joel Coen dan Ethan Coen berkolaborasi dengan Roger Deakins dalam penggarapan film ini. Sedangkan musiknya ditangani oleh komposer Carter Burwell.

XS
SM
MD
LG