Tautan-tautan Akses

Clooney dan Google Gunakan Satelit untuk Awasi Sudan


Aktor George Clooney (kiri) berbicara mengenai konflik di Sudan di Gedung DPR AS, Capitol Hill. (foto: dok).

Aktor George Clooney (kiri) berbicara mengenai konflik di Sudan di Gedung DPR AS, Capitol Hill. (foto: dok).

Satellite Sentinel Project ini akan memberi peringatan dini terjadinya kekerasan menjelang referendum di Sudan pada tanggal 9 Januari.

Sebuah organisasi yang didirikan oleh aktor George Clooney mengatakan mereka telah bekerjasama dengan mesin pencari di internet, Google, untuk mengawasi Sudan dari satelit guna memantau kemungkinan kejahatan perang sebelum referendum yang kemungkinan akan membagi dua negara itu.

Organisasi Clooney, “Not On Our Watch,” mengatakan programnya yang bernama Satellite Sentinel Project, akan memberi peringatan dini terjadinya kekerasan menjelang referendum di Sudan pada tanggal 9 Januari, yang akan memutuskan apakah Sudan Selatan tetap bersatu dengan Utara atau menjadi merdeka.

Organisasi tersebut mengatakan mereka akan mengumpulkan gambar-gambar satelit yang akan menunjukkan gerakan pasukan, sipil dan tanda-tanda lain bakal terjadinya bentrokan antara utara dan selatan.

Organisasi tersebut mengatakan program UNOSAT PBB, Harvard University, dan Enough Project yang anti-genosida akan turut menganalisa data tersebut.

Dalam pernyataannya Selasa, Clooney mengatakan ia ingin memastikan bahwa orang-orang yang akan melakukan genosida dan kejahatan perang lain mengetahui bahwa dunia sedang menonton.

Referendum di Sudan Selatan adalah bagian penting Persetujuan Perdamaian Menyeluruh tahun 2005 yang mengakhiri perang saudara 21 tahun antara Sudan Utara dan Selatan.

XS
SM
MD
LG