Tautan-tautan Akses

AS

Clinton, Trump Cari Dukungan di Florida, 2 Minggu Sebelum Pilpres


Petugas menempel poster mengenai pemilihan umum lebih awal di Miami-Dade, Florida (12/10). (AP/Lynne Sladky)

Petugas menempel poster mengenai pemilihan umum lebih awal di Miami-Dade, Florida (12/10). (AP/Lynne Sladky)

Florida adalah negara bagian terbesar, dan pemenang bisa meraih 29 suara elektoral, lebih dari 10 persen dari total yang diperlukan untuk mencapai Gedung Putih.

Dua minggu menjelang pemilihan presiden, kandidat dari Partai Republik, Donald Trump, dan calon Partai Demokrat Hillary Clinton berkampanye hari Selasa (25/10) di Florida, salah satu negara bagian penting dalam pengumpulan suara untuk memenangkan kursi kepresidenan.

Florida adalah negara bagian terbesar, dan pemenang bisa meraih 29 suara elektoral, lebih dari 10 persen dari total yang diperlukan untuk mencapai Gedung Putih. Amerika memilih presiden lewat electoral college, dan negara bagian dengan penduduk banyak punya pengaruh besar pada hasilnya.

Jajak pendapat di Florida memperlihatkan Clinton, mantan menteri luar negeri Amerika, akan menjadi presiden perempuan Amerika yang pertama, dan memimpin 4 persen atas Trump. Sekitar 1,6 juta pemilih Florida sudah memberi suara, baik lewat pemilihan dini di tempat pemungutan suara maupun lewat pos.

Trump mengakui bahwa kemungkinan dia tidak bisa menjadi presiden tanpa memenangkan Florida. Jajak pendapat opini publik memperlihatkan dia tertinggal di negara bagian penting lainnya, dan secara nasional Hillary unggul dengan selisih sekitar 5 persen dari Trump. [jm]

XS
SM
MD
LG