Tautan-tautan Akses

Clinton: Perjanjian Baru NATO dengan Rusia Bukan Cara Terbaik


Menlu Clinton mengatakan pertemuan puncak tersebut hendaknya berfokus pada kelanjutan latihan pertahanan misil antara NATO dan Rusia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan ia tidak yakin merundingkan perjanjian baru dengan Rusia adalah cara terbaik untuk menjamin keamanan Eropa. Clinton menambahkan dalam pertemuan Dewan NATO-Rusia di New York pada hari Rabu, cara terbaik untuk mencapai Eropa yang aman adalah dengan “memperkuat pondasi yang telah menopang keamanan Eropa selama puluhan tahun."

Pertemuan di New York tersebut diadakan untuk mempersiapkan pertemuan puncak NATO-Rusia pada bulan November di Portugal. Clinton mengatakan pertemuan puncak tersebut hendaknya berfokus pada kelanjutan latihan pertahanan misil antara NATO dan Rusia, sembari meninjau cara untuk menghubungkan kedua pihak dengan sistem peringatan dini.

Rusia dan NATO telah mengusahakan hubungan yang lebih erat setelah ketegangan yang disebabkan penyerbuan Rusia tahun 2008 ke Georgia dan tentangan Rusia terhadap rencana pertahanan misil Amerika untuk Eropa.

XS
SM
MD
LG