Tautan-tautan Akses

Clinton Tiba di Malawi dalam Lawatannya di Afrika


Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Rodham Clinton, kiri, bertemu dengan Presiden Malawi Joyce Banda di Lilongwe, Malawi (5/8).

Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Rodham Clinton, kiri, bertemu dengan Presiden Malawi Joyce Banda di Lilongwe, Malawi (5/8).

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton berada di Malawi dalam rangkaian lawatannya di Afrika, Minggu (5/8).

Setibanya di Malawi, Minggu (5/8), Departemen Luar Negeri Amerika mengumumkan diplomat tertinggi Amerika Hillary Clinton akan menambah kunjungan kenegaraannya ke Nigeria dan Benin dalam lawatannya di Afrika.

Hari Sabtu, Clinton berada di Nairobi di mana ia mendesak rakyat Kenya agar bekerja sama untuk mengadakan Pemilu yang bebas dan adil Maret mendatang, dan menjadi teladan bagi Afrika dan dunia. Ia mendesak para pemimpin agar menghindari pertumpahan darah pasca Pemilu seperti dialami Kenya lima tahun lalu.

Clinton bertemu Presiden Mwai Kibaki, yang secara hukum dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ke tiga, dan Perdana Menteri Raila Odinga, yang memimpin berbagai jajak pendapat dalam pemilihan itu akan menggantikannya. Kedua pemimpin adalah saingan utama dalam Pemilu 2007 yang disengketakan, di mana pemimpin oposisi Odinga mengatakan ia adalah korban kecurangan surat suara.

Setelah singgah di Malawi, Clinton dijadwalkan berkunjung ke Afrika Selatan hari Minggu. Sebelum meninggalkan benua itu, ia juga akan singgah di Ghana untuk menghadiri pemakaman presiden John Atta Mills, yang meninggal mendadak tanggal 24 Juli.
XS
SM
MD
LG