Tautan-tautan Akses

Clinton Dukung Manila dalam Sengketa Laut Cina Selatan


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton (foto: dok).

Menurut Hillary, pertikaian di Laut Cina Selatan harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional yang ditetapkan dalam Konvensi PBB mengenai Hukum Kelautan.

Amerika mengatakan hari Rabu bahwa perselisihan maritim di Laut Cina Selatan harus diselesaikan menurut hukum internasional mengenai persetujuan kelautan, posisi yang mendukung Filipina dalam pertikaian dengan Tiongkok.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan demikian dalam kunjungan di Manila menjelang pertemuan regional pekan ini di Indonesia, dimana perselisihan mengenai Laut China Selatan diperkirakan akan dibicarakan.

Dia mengatakan Amerika tidak mengambil posisi terhadap berbagai klaim atas daerah-daerah yang mungkin kaya minyak dan gas di perairan penting itu. Tetapi dia mengatakan tidak ada negara yang memiliki hak untuk menyatakan klaimnya melalui intimidasi atau pemaksaan. Dia mengatakan klaim-klaim yang bertentangan itu harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional yang ditetapkan dalam Konvensi PBB mengenai Hukum Kelautan.

XS
SM
MD
LG