Tautan-tautan Akses

Clinton di Albania dalam Akhir Lawatan ke Balkan


Menlu AS Hillary Rodham Clinton memberikan pidato di depan para anggota parlemen Albania di Tirana, Kamis (1/11).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton memberikan pidato di depan para anggota parlemen Albania di Tirana, Kamis (1/11).

Dalam pidato parlemen di ibukota, Tirana, Kamis, Menlu Clinton mengatakan Albania harus melanjutkan usaha untuk memperkuat demokrasi.

Menlu AS Hillary Clinton telah mendesak faksi-faksi politik yang bertikai di Albania agar bekerja sama untuk mendorong reformasi demokrasi dan memastikan pemilihan umum yang bebas dan adil tahun depan.

Kunjungan Menlu Clinton hari Kamis (1/11) bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Albania yang ke-100.

Dalam pidatonya di depan parlemen di ibukota Tirana, Clinton mengatakan Albania harus melanjutkan usaha untuk memperkuat demokrasi, membangun perekonomian dan menciptakan masa depan yang sejalan dengan aspirasi rakyatnya.

Clinton juga menyatakan solidaritas Amerika Serikat yang kuat dengan Albania sebagai sekutu NATO dan dukungan untuk keanggotaannya di Uni Eropa.

Dia juga menekankan pentingnya kerjasama diantara partai-partai politik dan aturan hukum, dengan mengatakan pemberantasan korupsi sangat penting dan harus mengungguli perbedaan politik.

Menteri Clinton sebelumnya bertemu dengan Presiden Bujar Nishani.

Dia tiba di Tirana dari Croatia, di mana dia membahas hubungan bilateral dan peran negara itu di kawasan, dan memuji masuknya negara itu ke dalam Uni Eropa tahun depan.
XS
SM
MD
LG