Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton Berjuang Keras Rebut Delegasi di California


Hillary Clinton mengambil foto selfie bersama para pendukungnya dalam kampanye di San Francisco, California (26/5).

Hillary Clinton mengambil foto selfie bersama para pendukungnya dalam kampanye di San Francisco, California (26/5).

Hillary Clinton hampir mencapai persyaratan delegasi untuk meraih nominasi Capres Partai Demokrat, tetapi menghadapi pertarungan sengit di negara bagian California.

Mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton hampir mencapai persyaratan delegasi untuk mendapat nominasi Partai Demokrat, tetapi ia menghadapi pertarungan politik sengit terakhir di California – negara bagian dengan jumlah penduduk terbanyak di Amerika – menantang pesaing satu-satunya, Senator Vermont Bernie Sanders.

Clinton – yang berupaya menjadi presiden perempuan pertama di Amerika – hampir mencapai mayoritas delegasi yang kuat guna mendapatkan nominasi partai dalam konvensi bulan Juli mendatang. Clinton telah memperoleh 2.310 dari 2.383 delegasi yang diperlukan untuk menjadi perempuan pertama yang dinominasikan sebagai calon presiden oleh partai politik utama di Amerika. Sementara Sanders mendapat 1.542 delegasi.

Clinton – yang pernah menjadi menteri luar negeri Amerika sejak tahun 2009 hingga 2013 – tampaknya akan memperoleh nominasi itu pada tanggal 7 Juni mendatang. Ini bisa tercapai meskipun warga California masih memberikan suara minggu depan, karena Clinton sangat populer di New Jersey di mana TPS-TPS ditutup tiga jam lebih dulu sebelum California.

Empat negara bagian lain juga melangsungkan pemilihan Selasa mendatang (7/6) adalah Montana, New Meksiko, North Dakota dan South Dakota. Tetapi California akan menarik perhatian yang paling besar. Clinton telah membatalkan kampanye-kampanye di tempat lain pekan ini supaya ia bisa kembali ke wilayah Pantai Barat untuk berkampanye guna menambah perolehan suara di California. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG