Tautan-tautan Akses

Clinton Bantu Perusahaan AS Menangkan Tender Pembangunan PLTN di Ceko


Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Karel Schwarzenberg (kanan) menyambut Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton (kiri) di Praha (3/12).

Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Karel Schwarzenberg (kanan) menyambut Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton (kiri) di Praha (3/12).

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton berada di Republik Ceko untuk lawatan singkat, yang juga mencakup upaya membantu sebuah perusahaan AS memenangkan kontrak pembangunan PLTN.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bertemu dengan Perdana Menteri Ceko Petr Necas dan Menteri Luar Negeri Karel Schwarzenberg, hari Senin (3/12).

Republik Ceko ingin meningkatkan kapasitas nuklirnya untuk menghasilkan sekitar separuh tenaga listrik di negara itu, naik dari sekitar 30 persen sekarang ini.

Perusahaan Amerika Westinghouse dan sebuah perusahaan Rusia sedang mengikuti tender untuk mendapatkan kontrak 10 miliar dolar untuk memperluas PLTN Temelin, yang berlokasi di sebelah selatan Praha dekat perbatasan Austria.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri yang turut dalam perjalanan itu mengatakan, Clinton akan menekankan catatan keamanan Westinghouse di tengah-tengah keprihatinan mengenai rekator nuklir setelah bencana di Fukushima, Jepang, tahun lalu. Pejabat itu juga mengatakan, memilih sebuah perusahaan Amerika akan membantu Republik Ceko mendiversifikasi produksi energinya bukan hanya dari Rusia.
XS
SM
MD
LG