Tautan-tautan Akses

Clinton: AS Perlu Tempatkan Isu Ekonomi sebagai Inti Kebijakan Luar Negeri


Menlu AS Hillary Rodham Clinton menekankan pentingnya isu ekonomi dalam kebijakan LN Amerika.

Menlu AS Hillary Rodham Clinton menekankan pentingnya isu ekonomi dalam kebijakan LN Amerika.

Menlu Clinton mengatakan bahwa AS kini menghadapi dunia di mana kekuatan ekonomi lebih menentukan dari kekuatan militer.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan Amerika perlu memperlakukan isu-isu ekonomi sebagai inti kebijakan luar negeri, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara Asia.

Dalam naskah pidato yang akan diucapkan hari Jumat dalam Economic Club di New York, Clinton akan mengatakan kepada para pemuka bisnis bahwa Amerika menghadapi dunia di mana kekuatan akan ditentukan dengan ukuran ekonomi dan bukan militer.

Ia juga akan menegaskan bahwa hubungan kuat yang telah dijalin Amerika dengan Eropa harus diterapkan dalam hubungan Amerika dengan kawasan Asia.

Patrick Chovanec, profesor Universitas Tsinghua di Beijing mengatakan kepada VOA bahwa pernyataan Clinton itu mencerminkan penekanan Amerika pada Asia, terutama terkait meningkatnya status ekonomi Tiongkok dan ambisi wilayahnya di kawasan Pasifik.

Clinton juga akan menekankan bahwa pengintegrasian kebijakan politik dan ekonomi harus diterapkan dalam situasi yang terus berubah di Timur Tengah. Ia menegaskan, kebangkitan politik Arab juga harus menjadi kebangkitan ekonomi.




_________________

XS
SM
MD
LG