Tautan-tautan Akses

Clinton: Ambisi Nuklir Iran Bahayakan Dunia


Di New York, Clinton menyerukan dijatuhkannya hukuman secara otomatis bagi pelanggar perjanjian non proliferasi nuklir.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Senin mengutuk keras Iran dengan mengatakan Iran akan berbuat apapun untuk mengalihkan perhatian dan menghindar dari tanggung jawab atas perbuatannya, dan menegaskan bahwa ambisi nuklir Iran membahayakan dunia.

Berpidato di Konferensi PBB tentang Perjanjian Non Proliferasi Nuklir, Clinton menyerukan dijatuhkannya hukuman secara otomatis bagi pelanggar perjanjian itu daripada mengandalkan upaya diplomatik untuk mengenakan sanksi-sanksi.

Clinton juga menuduh Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad membuat apa yang disebutnya “tuduhan-tuduhan yang menyesatkan, membosankan dan kadang-kadang liar“ terhadap Amerika dan negara-negara lain.

Clinton berpidato setelah Ahmadinejad dalam pidatonya menuduh Amerika mengancam negara-negara lain dengan senjata nuklir dengan menggunakan apa yang yang disebutnya “tuduhan palsu” untuk mencegah penyebaran senjata nuklir.

Ahmadinejad mengatakan produksi senjata nuklir Amerika telah mendorong negara-negara lain membuat senjata itu, hingga menyebabkan perlombaan senjata didunia.

Delegasi Amerika, Inggris dan Perancis keluar dari ruang sidang ketika pemimpin Iran itu berpidato.

XS
SM
MD
LG