Tautan-tautan Akses

AS

Clinton akan Melawat ke Kawasan Asia-Pasifik


Menlu AS Hillary Rodham Clinton akan kembali melawat ke Asia Pasifik minggu depan (foto: dok).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton akan kembali melawat ke Asia Pasifik minggu depan (foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton akan bertolak ke wilayah Asia-Pasifik minggu depan untuk serangkaian pertemuan mengenai isu-isu keamanan dan perekonomian.

Departemen Luar Negeri Amerika hari Jumat mengumumkan bahwa Clinton akan berkunjung ke Australia dan Singapura sebelum bergabung dengan Presiden Amerika Barack Obama di Thailand. Dia lalu dijadwalkan untuk mendampingi Presiden Obama ke Burma dan Kamboja.

Menlu Clinton hari Minggu akan bertolak ke Australia, di mana dia bersama-sama Menteri Pertahanan Leon Panetta mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Australia mengenai serangkaian isu keamanan serta isu regional dan global lainnya.

Pada bulan April, gelombang pertama Marinir Amerika tiba di Australia berdasarkan kesepakatan untuk memperbesar kehadiran militer Amerika di kawasan Asia Pasifik.

Pegelaran marinir Amerika itu adalah hasil perjanjian tahun 2011 antara Presiden Obama dan Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Pasukan Amerika itu akan menjadi pasukan 2,500 tersendiri disebut Air Ground Task Force yang mengadakan latihan militer bersama dengan pasukan Australia.

Dari Australia, Clinton akan ke Singapura untuk pembicaraan bilateral dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan pejabat-pejabat pemerintah lainnya mengenai berbagai isu.

Pada persinggahan berikutnya di Thailand, Departemen Luar Negeri mengatakan Clinton dan Presiden Obama akan membahas isu-isu regional dan "prioritas bersama" dengan para pejabat Thailand menjelang KTT ASEAN di Kamboja.

Obama menunjuk Clinton sebagai menteri luar negeri tak lama setelah terpilih dalam pemilu 2008. Clinton telah mengatakan akan mundur dari jabatannya selagi Presiden Obama bersiap-siap dilantik untuk masa jabatan kedua.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG