Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton akan Jadi Perempuan Pertama sebagai Capres AS

  • Made Yoni

Para pendukung Hillary Clinton memadati gedung tempat penyelenggaran Democratic National Convention (DNC) di Philadelphia, AS, Selasa (26/7).

Para pendukung Hillary Clinton memadati gedung tempat penyelenggaran Democratic National Convention (DNC) di Philadelphia, AS, Selasa (26/7).

Hari Selasa (26/7) malam di kota Philadelphia, Hillary Clinton akan menjadi perempuan pertama yang dicalonkan menjadi presiden Amerika oleh partai politik besar di Amerika.

Hari kedua Konvensi Nasional Partai Demokrat (DNC) diisi dengan berbagai pertemuan kaukus di gedung Pennyslvania Convention Center dan serangkaian pidato dari tokoh-tokoh Partai Demokrat yang menekankan pencapaian Hillary Clinton dalam memperjuangkan anak-anak dan keluarga.

Kaukus perempuan, LGBT, dewan senior, dewan daerah pedesaan, dewan pemuda Partai Demokrat mengadakan pertemuan resmi terbuka bagi umum di gedung Pennyslvania Convention Center di pusat kota Philadelphia. Sejumlah aktivis dan penggiat partai menghadirinya untuk menyelaraskan ide-ide mereka sejalan dengan kerangka kerja partai.

Kegiatan DNC, akan beralih ke gedung Wells Fargo Center. Hari Selasa (26/7) malam, Hillary Clinton akan menjadi perempuan pertama yang dicalonkan menjadi presiden Amerika oleh partai besar, disertai prosedur roll call atau pengumuman hasil pemilihan di setiap negara bagian.

Proses ini dianggap emosional bagi para pendukung Bernie Sanders yang berjuang keras memenangkan Sanders di banyak negara bagian Amerika.

Eric Robert penduduk kota Philadelphia mengatakan pendukung Partai Demokrat, baik Sanders dan Clinton harus bersatu, kunci memenangkan pemilu bulan November mendatang.

Diperkirakan semua energi dan kekecewaan persaingan ketat selama pemilihan pendahuluan antara Clinton dan Sanders akan berpuncak saat roll call. Sanders membuka kesempatan Clinton mendapat aklamasi atau pencalonan yang akan semakin mengecewakan pendukungnya.

Setelah proses itu tokoh-tokoh Partai akan menekankan perjuangan Hillary Clinton sepanjang karirnya bagi anak-anak dan keluarga, keadilan sosial, perempuan dan keluarga serta layanan kesehatan.

Leslie Pool, penggerak delegasi Partai Demokrat dari negara bagian Texas (VOA/Made Yoni).

Leslie Pool, penggerak delegasi Partai Demokrat dari negara bagian Texas (VOA/Made Yoni).

Leslie Pool penggerak delegasi Texas Partai Demokrat mengatakan, sejak masa mudanya, Hillary telah terlibat dalam isu yang secara positif berdampak pada anak-anak dan keluarga, para difabel, orang tua semua komunitas yang rentan, yang juga menjadi perjuangannya.

Sejumlah tokoh partai Demokrat yang tampil malam ini adalah ketua Partai Demokrat dan Perempuan Demokrat di DPR, Nancy Pelosi, mantan Presiden Jimmy Carter yang menyampaikan pesan lewat video, serta yang paling ditunggu-tunggu mantan menlu Madelaine Albraight dan mantan Presiden Bill Clinton.

Selebriti yang tampil pada konvensi malam ini adalah Alicia Keys ,aktris Meryl Streep, America Fererra, Lena Dunham. Made Yoni melaporkan dari Philadelphia. [my]

XS
SM
MD
LG