Tautan-tautan Akses

AS

Clinton akan Hadiri Pembicaraan di Asia


Menlu AS Hillary Rodham Clinton akan memulai lawatannya ke enam negara di Kepulauan Cook yang terpencil (foto: dok).

Menlu AS Hillary Rodham Clinton akan memulai lawatannya ke enam negara di Kepulauan Cook yang terpencil (foto: dok).

Media pemerintah Tiongkok Xinhua mempertanyakan lawatan Clinton, dan mengatakan lawatan itu untuk mengekang pengaruh Tiongkok di Pasifik Selatan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Kamis bertolak menuju Pasifik Selatan untuk memulai lawatan di Asia yang diperkirakan akan memusatkan perhatian pada pengaruh Tiongkok yang meningkat di kawasan itu.

Clinton akan memulai lawatannya ke enam negara di Kepulauan Cook yang terpencil, di mana dia akan menjadi menteri luar negeri Amerika yang pertama menghadiri Forum Kepulauan Pasifik.

Para pejabat Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan beberapa persinggahan dalam lawatan itu akan mencakup pembicaraan mengenai sengketa wilayah Laut Cina Selatan antara Tiongkok dan negara-negara tetangganya.

Washington telah mengritik klaim maritim Tiongkok yang semakin agresif di daerah itu, yang diyakini mengandung cadangan minyak dan gas dalam jumlah sangat besar.

Sebuah tulisan hari Kamis di media pemerintah Tiongkok Xinhua mempertanyakan lawatan Clinton, dan mengatakan lawatan itu “bertujuan untuk mengekang pengaruh Tiongkok yang meningkat” di Pasifik Selatan.
XS
SM
MD
LG