Tautan-tautan Akses

Film Cinta di Era Modern ‘Her’ Raup 5 Nominasi Oscar


Foto ini memperlihatkan aktor Joaquin Phoenix dalam adegan film Her yang menyabet empat nominasi Oscar, termasuk untuk film terbaik (AP Photo/Warner Bros. Pictures, File)

Foto ini memperlihatkan aktor Joaquin Phoenix dalam adegan film Her yang menyabet empat nominasi Oscar, termasuk untuk film terbaik (AP Photo/Warner Bros. Pictures, File)

Salah satu film yang akan ikut bersaing di kategori film terbaik untuk ajang Academy Awards atau Oscar 2014 adalah film garapan sutradara sekaligus produser, Spike Jones, berjudul “Her.”

Film yang bertema romantis ini bercerita tentang cinta di era teknologi canggih. Film ini menampilkan sosok pria introvert bernama Theodore yang diperankan oleh aktor Joaquin Phoenix. Setelah berpisah dengan isterinya, Theodore merasakan kesepian yang mendalam, hingga ia jatuh cinta kepada Samantha, karakter suara yang diciptakan oleh sebuah sistim operasi komputer. Bagi Phoenix, memerankan karakter Theodore menjadi suatu tantangan baginya.

“Karakter Theodore sangat unik. Saya tidak pernah menemukan karakter yang seperti dirinya. Perilaku Theodore sulit dimengerti. Saya berdiskusi dengan Spike (Jonez) untuk mempelajari karakternya,” ujar aktor yang berhasil meraih nominasi Golden Globe atas perannya sebagai Theodore ini.

Aktris Amy Adams yang juga bermain dalam film ini mengatakan bahwa cerita di film Her yang ditulis oleh Spike Jonez ini sangat Indah dan membuatnya langsung tertarik. Walaupun memang pada awalnya, Adams ragu apakah cerita tersebut bisa diadaptasi menjadi ke layar lebar. Namun, diskusi mendalam yang dilakukan langsung dengan sang sutradara telah memberikan rasa percaya diri yang kuat bagi para aktor dan aktris yang bermain di film ini.

“Ketika berbicara dengan Spike Jonez, saya jadi mengerti apa yang ia inginkan dari film ini,” kata aktris berumur 39 tahun ini.

Menurut Phoenix, Spike Jonze adalah orang yang sangat pintar dan berbakat yang bisa menciptakan ide dan cerita yang bagus seperti film Her ini. Yang menarik, skenario film ‘Her’ adalah skenario pertama yang ditulis secara solo oleh Jonze.

“Skenarionya ditulis dengan rapi dan mudah diikuti,” ujarnya.

Film Her telah berhasil meraih berbagai penghargaan dan juga nominasi, antara lain lima nominasi di Academy Awards atau Oscars 2014. Dua diantaranya adalah untuk kategori film terbaik dan skenario asli terbaik. (AP)
XS
SM
MD
LG