Tautan-tautan Akses

AS

Chrysler Bantah Pindahkan Produksi ke Tiongkok


Direktur Utama Chrysler, Sergio Marchionne, Selasa (30/10) menegaskan melalui email kepada karyawannya, bahwa perakitan Jeep akan tetap beroperasi di AS, menampik anggapan yang diungkapkan dalam kampanye Mitt Romney (Foto: dok).

Direktur Utama Chrysler, Sergio Marchionne, Selasa (30/10) menegaskan melalui email kepada karyawannya, bahwa perakitan Jeep akan tetap beroperasi di AS, menampik anggapan yang diungkapkan dalam kampanye Mitt Romney (Foto: dok).

Direktur Utama Chrysler, Sergio Marchionne, menegaskan bahwa perakitan Jeep akan tetap beroperasi di Amerika Serikat, menampik anggapan yang diungkapkan dalam kampanye Mitt Romney.

Pimpinan perusahaan pabrik mobil Chrysler yang berbasis di Amerika mengatakan perusahaannya tidak memindahkan produksi kendaraan Jeep ke Tiongkok. Komentar tersebut dikeluarkannya menanggapi ucapan dalam kampanye calon presiden dari partai Republik Mitt Romney yang berulang kali diucapkan, yang mengungkapkan bahwa produksi Chrysler memang akan dipindahkan ke Tiongkok.

Direktur Utama Chrysler, Sergio Marchionne, menegaskan melalui email kepada karyawannya, Selasa (30/10) bahwa perakitan Jeep akan tetap beroperasi di Amerika Serikat, dan anggapan pemindahan lokasi perakitan tersebut tidak benar.

Pernyataan tersebut diungkapkan dengan tegas, yang tidak secara langsung menyebut kampanye Romney, dikeluarkan hanya seminggu sebelum pemilihan presiden Amerika. Kesuksesan pemilihan presiden ini sangat bergantung pada negara-negara bagian yang menentukan seperti Ohio, dimana terdapat pabrik-pabrik mobil Amerika.

Kampanye Romney telah mengudarakan iklan radio dan televisi belakangan ini di Ohio yang memberi indikasi bahwa Jeep, yang mendapat dana talangan Amerika, akan memindahkan pekerjaan Amerika ke Tiongkok. Romney mengatakan kepada khalayak ramai di Ohio pekan lalu bahwa ia mendengar laporan bahwa Jeep sedang mempertimbangkan untuk memindahkan semua produksi ke Tiongkok.

Marchionne mengakui hari Selasa bahwa perusahaan induk Jeep, Chrysler, memang berencana memperluas produksi ke Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia. Tetapi, rencana itu tidak mengharuskan pengurangan angkatan kerjanya di Amerika Serikat, dan sebaliknya mengemukakan bahwa perusahaannya akan menambah pekerjaan baru di Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG