Tautan-tautan Akses

China Tunda Pengadilan Terhadap Politikus Tersingkir Bo Xilai


Mantan anggota Politibiro China, Bo Xilai, dalam sidang di pengadilan Jinan, provinsi Shandong, China (24/8).

Mantan anggota Politibiro China, Bo Xilai, dalam sidang di pengadilan Jinan, provinsi Shandong, China (24/8).

Pengadilan kasus korupsi terhadap mantan anggota Politibiro China, Bo Xilai, ditunda sehari, Mingu (25/6).

Para pejabat pengadilan China mengatakan, pengadilan kasus korupsi terhadap mantan anggota Politibiro Bo Xilai telah ditunda sehari, setelah pejabat yang namanya tercemar itu berusaha mendeskreditkan kesaksian mantan kepala polisinya.

Bo mengatakan kepada pengadilan, Minggu, bahwa mantan kepala polisi Wang Lijun telah berbohong ketika memberi kesaksian pada hari Sabtu bahwa Bo berusaha menutup-nutupi keterlibatan istrinya dalam pembunuhan seorang pengusaha Inggris pada tahun 2011.

Dalam sidang hari Jumat, Bo membantah kesaksian dari istrinya yang mengimplikasikan dirinya terlibat kejahatan itu, dengan menyebut istrinya tidak waras dan menggambarkan kesaksian perempuan itu sebagai guyonan.

Karena pengadilan di kota Jinan itu tertutup bagi wartawan Barat, pernyataan-pernyataan Bo dikutip dari laporan-laporan media pemerintah dan transkrip pengadilan yang panjang yang diunggah di sebuah media sosial China.

Bo dipecat dari posisinya sebagai ketua Partai Komunis wilayah Chongqing dan diberhentikan dari Politbiro tahun lalu, setelah mantan kepala polisi kota itu melarikan diri ke sebuah konsulat Amerika dengan membawa bukti mengenai keterlibatan keluarga Bo dalam sebuah pembunuhan.

Sidang hari Minggu ditunda sebelum tengah hari. Sidang akan dilanjutkan kembali hari Senin.
XS
SM
MD
LG