Tautan-tautan Akses

China Vonis Mantan Politisi Senior Penjara Seumur Hidup


Bo Xilai saat menghadiri sidang di pengadilan Jinan, China (Foto: Microblog Pengadilan Jinan, China)

Bo Xilai saat menghadiri sidang di pengadilan Jinan, China (Foto: Microblog Pengadilan Jinan, China)

Sebuah pengadilan China memvonis mantan politisi senior Bo Xilai dengan hukuman penjara seumur hidup setelah mendapatinya bersalah menerima suap, penggelapan, dan penyalahgunaan kekuasaan.

Pengadilan China telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup bagi bekas tokoh politik senior Bo Xilai, yang dinyatakan bersalah terlibat penyuapan, pemalsuan dan penyalah-gunaan kekuasaan.

Keputusan Pengadilan Rakyat di kota Jinan diumumkan hari Minggu dalam sidang pengadilan skandal politik yang paling banyak mendapat perhatian di negeri itu.

Bo Xilai bisa naik banding atas vonis itu, dan ia bisa dikenai tahanan luar setelah menjalani hukuman penjara selama 10 tahun. Tapi pengadilan mencabut semua hak-hak politiknya untuk seumur hidup, sehingga ia tidak akan bisa kembali bergerak di bidang politik.

Pengadilan juga memerintahkan penyitaan kekayaan Bo yang berjumlah lebih dari tiga juta dolar.

Mantan anggota Politbiro berusia 64 tahun itu menyampaikan pembelaan diri berapi-api yang tidak lazim bulan lalu. Dia mengaku telah berbuat kesalahan, tetapi menyangkal sebagian besar dakwaan.

Keluarga Bo Xilai terlibat dalam pembunuhan seorang pengusaha Inggris tahun 2011. Kata para jaksa, pengusaha Neil Heywood dibunuh karena terlibat sengketa keuangan dengan istri Bo Xilai. Istri Bo dijatuhi hukuman mati yang ditangguhkan tahun lalu, dan praktis ia akan menghabiskan sisa usianya dalam penjara.
XS
SM
MD
LG