Tautan-tautan Akses

China Tuntut Filipina Tarik Gugatan atas Sengketa Wilayah


Beijing belum memberikan izin bagi Presiden Filipina Benigno Aquino untuk berkunjung ke China (foto: dok).

Beijing belum memberikan izin bagi Presiden Filipina Benigno Aquino untuk berkunjung ke China (foto: dok).

China menuntut Presiden Filipina menarik gugatan menyangkut pertikaian wilayah sebelum Beijing bisa mengizinkan Aquino berkunjung ke China pekan ini.

Para pejabat Filipina mengatakan China menuntut agar presiden Benigno Aquino III menarik gugatan resmi menyangkut pertikaian wilayah sebelum Beijing akan mengizinkan Aquino menghadiri pameran perdagangan tahunan China pekan ini. Karena tuntutan itu, Presiden Aquino membatalkan kunjungannya ke Beijing.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Filipina Raul Hernandez mengatakan hari Senin, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan dua diplomat China lain menyampaikan syarat itu kepada Presiden Aquino.

Hernandez tidak mengungkapkan rincian syarat yang diajukan Beijing itu, namun menegaskan dalam jumpa pers bahwa syarat itu dianggap bertentangan dengan kepentingan nasional Filipina.

Dua pejabat Filipina mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa China ingin Filipina me,batalkan kasus arbritrasi PBB mengenai kepulauan yang disengketakan. Kedua pejabat tidak mau disebut namanya karena tidak berwenang berbicara kepada wartawan.
XS
SM
MD
LG