Tautan-tautan Akses

China Tindak Keras Tayangan ala American Idol


Para penggemar penyanyi China, Li Yu-chun, pemenang kontes bakat televisi Super Girl's Voice 2005, dalam sebuah acara di Hong Kong. (Foto: Dok)

Para penggemar penyanyi China, Li Yu-chun, pemenang kontes bakat televisi Super Girl's Voice 2005, dalam sebuah acara di Hong Kong. (Foto: Dok)

Acara kontes bakat semacam American Idol di China harus mendapat persetujuan dari badan pengawas penyiaran per kuartal.

Pihak berwenang China mulai mengatur dengan ketat seberapa sering badan penyiaran dapat menayangkan acara kontes bakat, kencan dan acara realita, seperti versi China dari acara American Idol dan The Voice, yang mengundang banyak pemirsa.

Badan-badan penyiaran di tingkat provinsi kini menayangkan acara-acara semacam itu, yang diproduksi dengan biaya rendah dan meraih banyak penghasilan dari iklan, di saluran televisi satelit di berbagai penjuru negara itu.

Kantor berita Xinhua memberitakan acara kontes bakat semacam American Idol kini perlu mendapat persetujuan dari badan pengawas penyiaran, yang akan mengeluarkan lisensi untuk setiap program semacam itu di masing-masing saluran per kuartal untuk siaran pada jam tayang utama.

Diberitakan juga bahwa peraturan baru itu mewajibkan saluran-saluran televisi satelit mengalokasikan tidak kurang dari 30 persen waktu tayang mingguan mereka untuk topik-topik yang mencakup berita, ekonomi, budaya dan sains, mulai tahun depan.

Berbagai upaya telah berulang kali dilakukan untuk membatasi program realita ala Amerika di televisi serta tayangan-tayangan ringan lainnya di televisi satelit, atau memaksa tayangan semacam itu keluar dari jam tayang prima, dengan alasan antara lain perlunya menghentikan siaran yang vulgar dan mendorong penggunaan sumber daya yang lebih efisien.
XS
SM
MD
LG