Tautan-tautan Akses

China Tempatkan Warganya dalam Daftar Hitam Wisatawan

  • Shannon Van Sant

Seorang turis dari China berpose di depan Grand Palace di Bangkok.

Seorang turis dari China berpose di depan Grand Palace di Bangkok.

Di China, empat orang telah ditempatkan dalam daftar hitam pariwisata negara itu, yang diciptakan untuk menghukum warga negara yang didapati bertindak tidak semestinya di dalam dan di luar negeri.

Salah satu dari empat orang adalah seorang remaja Tionghoa yang berdiri di atas patung seorang prajurit militer di timur laut China dan mengambil fotonya. China mengatakan remaja itu sekarang akan dimasukkan ke dalam daftar hitam, dan dilarang ikut dalam kelompok wisata selama 10 tahun.

Rachel Lu adalah seorangredakturmajalah Foreign Policy dan mengatakan pemerintah China memperhatikan dengan cermat para turis baru China, dan dampak perilaku mereka pada citra global.

"Saya pikir dalam beberapa tahun terakhir karena membanjirnya wisatawan China ke luar negeri mereka memperoleh banyak perhatian negatif atas apa yang mereka lakukan, Anda tahu, memotong antrean, berkerumun dan berdesak-desakan, dan memotret."

Remaja yang termasuk dalam daftar hitam, Li Wenchun, berada di Red Army Memorial Garden di Yan'an, di barat laut China, tempat di mana Tentara Merah berlindung setelah mereka melakukan Long Marchdi Chinapadatahun 1950-an.

Menurut media pemerintah China, Li berpose untuk potretdi atas patung prajurit yang kemudian dipasang di internet, yang menimbulkan kecaman publik.

Media pemerintah China mengatakan dengan dimasukkan ke dalam daftar hitam, akan “berpengaruh negatif" pada kemampuan warga negara untuk mendapatkan kredit dari bank, dan permohonan mereka untuk memperoleh visa negara asing. Lu mengatakan pemerintah berusahauntuk mengirim pesan yang jelas bagi wisatawan China.

Sementara kelas menengah China yang melakukan perjalanan dalam negeri meningkat jumlahnya, dan yang ke luar luar negeri jumlahnya lebih besar, wisatawan China berdampak besar pada ekonomi dan dalam beberapa hal berdampak besar di tempat-tempat yang mereka kunjungi.

Meskipun banyak negara ingin menarik jumlah wisatawan China yang meningkat untuk meningkatkan ekonomi lokal, insiden yang melibatkan wisatawan China berperilaku buruk juga telah menyebar di media berita dan online. Cerita-cerita wisatawan yang meludah di depan umum, atau menegur para petugas layanan umum telah menarik liputan berita luar negeri. Di Thailand, seorang selebriti baru-baru membuat rekaman video yang mengejek wisatawan China memotong antrean di bandara Seoul yang kemudian menarik ribuan pemirsa di internet.

Tetapi dari empat warga negara yang tercatat dalam daftar hitam, Li Wenchun akan tetap tercatat daftar terlama, yaitu untuk 10 tahun. Lu mengatakan bahwa mungkin karena pelanggarannya sebagai wisatawan juga menunjukkan sikap tidak hormat pada Partai Komunis China.

Hampir satu dari 10 wisatawan internasional secara global sekarang adalah warga China, dan jumlah wisatawan China bepergian ke luar negeri untuk berlibur diduga akan meningkat dua kali lipat dalam lima tahun mendatang.

XS
SM
MD
LG