Tautan-tautan Akses

China Tawarkan 21 Satelit untuk Bantu Pencarian Pesawat Malaysia


Para anggota keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 melakukan pemunguntan suara untuk berbicara langsung pada wakil pemerintah Malaysia di Lido Hotel di Beijing (17/3).

Para anggota keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 melakukan pemunguntan suara untuk berbicara langsung pada wakil pemerintah Malaysia di Lido Hotel di Beijing (17/3).

Walaupun menawarkan pertolongan, Kementerian Luar Negeri China melontarkan kecaman baru terhadap cara Malaysia menangani penyelidikan itu.

Malaysia mengatakan pencarian pesawat penumpang yang hilang sedang berlangsung di sepanjang jalur utara dan selatan kemana diyakini pesawat itu telah dengan sengaja dialihkan.

Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein mengatakan 26 negara telah turut dalam pencarian di darat dan laut. Pencarian meliput wilayah seluas puluhan juta kilometer persegi.

China telah menawarkan 21 dari satelitnya untuk membantu Malaysia dalam pencarian pesawat Boeing 777 yang hilang dan membawa 239 orang, duapertiga dari mereka warga China. Tetapi, walaupun menawarkan pertolongan itu, Kementerian Luar Negeri China, Senin (17/3) melontarkan kecaman baru terhadap cara Malaysia menangani penyelidikan itu.

Para penyelidik yakin pesawat itu terbang ke utara menuju Asia Tengah, kalau tidak, ke selatan, lebih jauh ke samudera Hindia yang luas itu, dalam beberapa jam setelah pesawat itu dengan misterius menghilang 8 Maret.

Juga hari Senin, seorang juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan Organisasi Perjanjian Larangan Percobaan Menyeluruh, yang berbasis di Wina, mengukuhkan pekan lalu bahwa tidak ada ledakan atau kejatuhan pesawat di darat dan laut yang terdeteksi sejauh ini.

Organisasi itu merekam getaran seismik dan gelombang suara di seluruh dunia untuk mendeteksi ledakan nuklir, tetapi organisasi itu juga dapat mendeteksi ledakan pesawat yang besar serta kejatuhannya di darat atau air.
XS
SM
MD
LG