Tautan-tautan Akses

China Tangkap Pasutri Kanada atas Dugaan Mata-mata


Kedai kopi di Dandong, China milik pasangan suami-isteri Kanada, Kevin dan Julia Dawn ditutup oleh pihak berwajib (5/8).

Kedai kopi di Dandong, China milik pasangan suami-isteri Kanada, Kevin dan Julia Dawn ditutup oleh pihak berwajib (5/8).

Pihak berwajib China menangkap pemilik kedai kopi di Dandong, pasangan suami-istri asal Kanada, atas dugaan mencuri rahasia negara.

China sedang menyelidiki pasangan suami-istri asal Kanada atas dugaan mencuri rahasia negara, sepekan setelah Kanada menuduh Beijing melakukan peretasan internet.

Kantor berita Xinhua mengatakan, Kevin dan Julia Dawn Garratt sedang diselidiki atas dugaan mencuri rahasia negara mengenai militer dan riset pertahanan nasional China.

Sebuah pernyataan dari kementerian luar negeri China mengatakan pasangan itu juga dicurigai terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang membahayakan keamanan nasional China.

Kedua pernyataan itu tidak merinci lebih jauh tuduhan-tuduhan itu.

Kevin dan Julia membuka kedai kopi gaya Barat di Dandong, sebuah kota di China yang berbatasan dengan Korea Utara dan diyakini memiliki sebuah pangkalan militer China.

Kantor berita Perancis melaporkan pasangan itu adalah aktivis Kristen yang mengatakan kepada sebuah gereja Kanada bahwa mereka sedang berusaha merangkul Korea Utara dengan bantuan Tuhan.

Para misionaris Kristen sering menggunakan Dandong sebagai pintu masuk Korea Utara secara ilegal, atau untuk membantu warga Korea Utara hengkang dari negaranya.

XS
SM
MD
LG