Tautan-tautan Akses

China Tangkap Penyebar Desas-Desus Penyimpangan Bursa Saham


Seorang investor mengamati monitor yang menyajikan informasi indeks bursa saham Shanghai di Beijing (26/8).

Seorang investor mengamati monitor yang menyajikan informasi indeks bursa saham Shanghai di Beijing (26/8).

Pihak berwajib di China menangkap hampir 200 orang hari Sabtu dan Minggu (30/8) terkait penyebaran desas-desus online tentang penyimpangan bursa saham.

Media pemerintah China mengumumkan pengakuan putaran baru oleh orang-orang yang diduga menyebarkan desas-desus online tentang penyimpangan bursa saham Senin (31/8), menyusul penangkapan hampir 200 orang hari Sabtu dan Minggu.

Xinhua melaporkan 6 orang terbaru yang menghadapi tuduhan adalah: seorang jurnalis, seorang pejabat badan sekuritas China dan empat eksekutif senior dari perusahaan sekuritas lokal.

Para tersangka itu bisa ditahan tanpa batas waktu, bisa dikenai dakwaan pidana, atau menjadi tahanan di rumah.

Sebelumnya minggu lalu, saham-saham China merosot lebih jauh hari Rabu (26/8), sementara saham-saham Asia lainnya berfluktuasi tidak terkendali, meskipun ada langkah terbaru Beijing untuk menstimulasi pertumbuhan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Bank Sentral China memotong suku-bunga seperempat persen, dan memberitahu bank-bank bahwa mereka dapat menyimpan lebih sedikit uang dalam cadangan.

Langkah bank sentral China ini dimaksudkan untuk mempermudah konsumen membeli produk dan mempermudah perusahaan membangun pabrik dan mempekerjakan orang, sebagai langkah untuk menstimulus ekonomi China yang melemah.

Para pejabat China bertindak setelah harga-harga saham anjlok selama beberapa hari di berbagai penjuru dunia karena para investor khawatir bahwa pertumbuhan ekonomi China sedang melamban.

XS
SM
MD
LG