Tautan-tautan Akses

China Tangkap Pengacara HAM Xu Zhiyong di Beijing


Pengacara HAM Xu Zhiyong, ditangkap pihak berwenang di Beijing, Selasa malam, 16 Juli 2013 (Foto: dok).

Pengacara HAM Xu Zhiyong, ditangkap pihak berwenang di Beijing, Selasa malam, 16 Juli 2013 (Foto: dok).

Pengacara HAM Xu Zhiyong ditahan setelah menyerukan pembebasan para aktivis dan berkampanye menentang pelanggaran oleh pemerintah di Beijing, Rabu (17/7).

Organisasi hak azasi dan seorang rekan pengacara di Beijing memberikan keterangan bahwa pihak berwenang mengambil komputer, telepon selular dan menangkap pengacara HAM Xu Zhiyong dari rumahnya di Beijing, Rabu (17/7).

Dari selebaran yang dibagi-bagikan oleh organisasi yang berbasis di New York itu dilaporkan bahwa Xu ditahan Selasa malam atas kecurigaan mengumpulkan warga untuk mengganggu ketertiban di sebuah tempat umum.

Tidak ada keterangan atau sebab-sebab diberikan untuk mendukung tuduhan yang masih kabur itu, yang sering digunakan untuk menghukum orang yang mengecam pelanggaran oleh pemerintah.

Teng Biao, seorang lagi pengacara terkemuka hak azasi di Beijing, mengukuhkan penahanan Xu atas tuduhan mengganggu ketertiban umum. Teng mengatakan teleponnya telah dibekukan dan ia hanya dapat berkomunikasi melalui komputer.

Polisi Beijing belum menjawab pertanyaan melalui fax mengenai Xu yang berkampanye menyerukan hal-hal yang berkisar dari penutupan pusat penahanan ilegal hingga pengungkapan kepada umum harta pribadi para pejabat.
XS
SM
MD
LG