Tautan-tautan Akses

China Jelaskan Kondisi HAM kepada Dewan HAM PBB


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying (Foto: dok).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying (Foto: dok).

Para pejabat China tampil di hadapan sebuah dewan PBB di Jenewa, Swiss untuk membela catatan HAM negara mereka hari Selasa (22/10).

Para pejabat China telah tampil di depan sebuah panel PBB untuk menjelaskan kondisi hak asasi di negara itu, yang menurut banyak pihak dicemari meningkatnya tindakan keras terhadap pembangkangan.

Sidang di Jenewa hari Selasa merupakan kedua kalinya Beijing melapor kepada Dewan HAM, yang meneliti kondisi hak asasi setiap negara empat tahun sekali.

Delegasi China dipimpin Wu Hailong, yang mengatakan bahwa pada umumnya China telah memenuhi janji-janji yang dibuatnya tahun 2009, termasuk reformasi hukum, pengurangan kemiskinan, dan perbaikan perlindungan untuk kaum minoritas etnis.

Beberapa saat sebelum sidang dengar keterangan, sekelompok aktivis memanjat perancah di sekitar gedung PBB dan memasang poster yang isinya menyerukan agar PBB membela hak warga Tibet. Sekurang-kurangnya empat aktivis ditahan petugas keamanan PBB.

Sidang dengar keterangan itu dilakukan sementara di China terjadi serangkaian penahanan aktivis China, termasuk beberapa aktivis yang berusaha ikut berpartisipasi dalam laporan tahun pemerintah, yang disebut Tinjauan Periodik Universal.
XS
SM
MD
LG