Tautan-tautan Akses

China Tahan Mantan Jenderal terkait Kasus Korupsi


Mantan wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Jenderal Xu Caihou (kanan) saat menerima Menhan AS Robert Gates (foto: dok).

Mantan wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Jenderal Xu Caihou (kanan) saat menerima Menhan AS Robert Gates (foto: dok).

China telah menahan mantan wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Jenderal Xu Caihou hari Sabtu (15/3).

Laporan mengatakan Xu Caihou, mantan wakil Ketua Komisi Militer Pusat China - CMC yang kuat, diciduk dari tempat tidurnya di rumah sakit militer di Beijing, hari Sabtu (15/3). Istrinya, putri dan sekretaris pribadinya ditahan pada hari yang sama.

Sumber-sumber mengatakan penahanan ini terkait dengan penyelidikan atas Letnan Jenderal Gu Junshan dari Tentara Pembebasan Rakyat, mantan bawahan Xu Caihou yang telah ditahan sejak tahun 2012.

Pakar tentang China yang berbasis di Hong Kong Willy Lam mengatakan kepada VOA bahwa penahanan Xu akan berpengaruh besar terhadap militer China, tetapi pimpinan tertinggi China, Presiden Xi Jinping, tidak akan dan tidak bisa menghukum puluhan perwira berpangkat tinggi dan menengah yang telah menyuap Xu untuk mendapatkan pangkat dan jabatan mereka.

Zhou Yongkang adalah mantan pejabat Partai Komunis senior yang secara luas diyakini menjadi sasaran penyelidikan korupsi yang berbeda. Ia juga diduga berada di tahanan, namun belum resmi didakwa dengan kejahatan.

Xu Caihou adalah pejabat militer berpangkat tertinggi yang tertangkap dalam kampanye anti-korupsi Presiden Xi Jinping. Tapi Willy Lam dan sumber lain mengatakan ia sedang dirawat karena kanker kandung kemih, yang mungkin dapat mencegah pemerintah untuk mendakwanya secara resmi.
XS
SM
MD
LG